Ma'ruf Jamin Jokowi Tak Ulangi Kekalahan 2014 di Tangerang

CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 14:59 WIB
Ma'ruf Jamin Jokowi Tak Ulangi Kekalahan 2014 di Tangerang Ketua MUI Ma'ruf Amin ikut dalam kontestasi Pilpres 2019 sebagai cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin meyakini pihaknya akan meraih suara terbanyak di Kota Tangerang, Banten, dalam Pilpres 2019.

Hal itu diutarakan pasangan Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) itu karena secara bertahap tim kemenangannya masif menyosialisasikan dukungan di Tangerang.

"Semuanya sudah terkonsolidasi. Kemenangan [di Kota Tangerang] tinggal soal waktu saja," ujar Ma'ruf usai menerima kedatangan TKD Kota Tangerang di kediamannya, Jakarta, Kamis (31/1).



Ma'ruf mengatakan kekalahan Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla di Kota Tangerang saat Pilpres 2014 karena minim konsolidasi. Sementara saat ini, kata Ma'ruf, konsolidasi telah dilakukan partai-partai pengusung hingga relawan yang terdiri dari perantau, kiai, ustaz, serta kelompok milenial, dan ibu-ibu rumah tangga.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pada Pemilu 2014 pasangan Jokowi-JK yang memperoleh 42,90 persen atau 2.398.631 suara harus mengakui keunggulan Prabowo-Hatta yang meraih 3.192.671 suara atau 57,10 persen.

Ma'ruf mengakui Kota Tangerang bukan kawasan yang mudah dikuasai. Meski demikian, ia tetap yakin semangat yang ditampilkan partai pendukung dan relawan akan membuat paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kalah di Kota Tangerang.

"Ini masih ada dua bulan setengah artinya ada waktu untjk memaksimalkan dukungan dari pendukung-pendukung di bawah," ujar Ma'ruf.

Di tempat yang sama, Ketua TKD Kota Tangerang Bambang Suwondo menargetkan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 70 persen suara saat hari pencoblosan pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

Untuk merealisasikan hal itu, kata Bambang, TKD Kota Tangerang akan mengerahkan seluruh relawan untuk turun ke lapangan dengan sistem dari pintu ke pintu dalam menjaring dukungan. Sejauh ini, klaim dia, sudah ada 50 paguyuban yang siap memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Kota Tangerang.

"TKD Kota Tangerang siap untuk memenangkan 70 persen karena tahun 2014 Bapak Jokowi kalah di Kota Tangerang. Oleh karena itu kita bahu-membahu untuk memenangkan Pilpres bapak Jokowi dan Bapak Kiai Maruf Amin," ujar Bambang menyampaikan target yang akan diperjuangkan pihaknya agar Jokowi-Ma'ruf memenangi Pilpres 2019.



(jps/kid)