FOTO: Kampung Kumuh di Jantung Ibu Kota

Andry Novelino, CNN Indonesia | Jumat, 01/02/2019 17:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di balik gemerlap Kota Jakarta, sejumlah warga bertahan hidup di kampung-kampung kumuh yang berada di balik gedung-gedung tinggi Jakarta.

Kampung Ampiun, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat merupakan pemukiman padat penduduk yang terletak di jantung ibu kota. Kamis (31/1). (CNNIndonesia/Andry Novelino).
Seorang warga memasak di depan rumahnya di gang sempit Ampiun. Kondisi rumah di kawasan ini sangat memprihatinkan karena rata-rata hanya memiliki satu kamar yang dihuni satu keluarga. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Warga menikmati waktu senggang di sore hari dengan bermain catur di depan warung kampung Ampiun. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Warga berharap pemerintah DKI Jakarta bisa membangun fasilitas bermain untuk anak-anak di kampung mereka. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Warga  RW 01 Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, melakukan aktivitas bermain karambol di depan rumah. Kawasan pemukiman kumuh di daerah Cikini Jakarta Pusat ini dihuni 100 Kepala Keluarga. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Jamban gantung masih terdapat di kampung Ampiun ini, untuk pembuangan limbahnya warga langsung memanfaatkan sungai dibelakang pemukiman. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Pemukiman ini sangat sesak untuk suatu kawasan tempat tinggal di tengah kota Jakarta. Akses hanya dapat di lalui gang dengan akses satu kendaraan sepeda motor. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Fasilitas untuk Kebutuhan MCK terlihat tidak terawat di kawasan kampung Ampiun, Menteng, Jakarta Pusat. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Sempitnya rumah yang dihuni membuat warga menyiasatinya dengan membangun secara vertikal. Banyak rumah di kampung tersebut berlantai dua dengan bangunan seadanya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Seorang pria mengayuh 'kincir' untuk anak-anak, hiburan untuk anak-anak kecil di kawasan kampung Ampiun.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang diselaraskan dengan program bedah rumah besutan Pemprov DKI Jakarta, yang sudah dimulai dari awal tahun 2018 dan harusnya sudah rampung di akhir tahun 2018. (CNNIndonesia/Andry Novelino)