RSHS Bentuk Tim Dokter Tangani Obesitas Sunarti

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 20:11 WIB
RSHS Bentuk Tim Dokter Tangani Obesitas Sunarti Sunarti penderita obesitas asal Karawang. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung membentuk tim dokter untuk merawat Sunarti (39), wanita asal Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, yang mengalami obesitas.

Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi mengatakan RSHS sudah melakukan pemeriksaan kondisi tubuh, gizi, dan penyakit atau potensi komplikasi yang bisa saja berada di tubuh Sunarti yang dirawat sejak Jumat (1/2).

"RSHS sudah membentuk tim yang melibatkan 11 multidisiplin ilmu kesehatan. Perawatan dan pemeriksaan terhadap pasien membutuhkan waktu untuk mendapatkan diagnosa pasti. Setelah itu melakukan tindakan apa yang dilakukan Ibu Sunarti," kata Nina dalam jumpa pers di RSHS, Senin (4/1).


Tim dokter terdiri dari spesialis jantung, paru, gizi, nutrisi, psikiatri dan sebagainya. Pihak RSHS tidak langsung menerapkan program diet kepada Sunarti yang memiliki bobot 148 kilogram, melainkan mengatur pola makanan namun tidak jauh beda dari jam dan kebiasaan makannya selama ini.
Ketua tim dokter penanganan Sunarti, Arto Yuwono mengatakan pihaknya tak bisa dalam waktu singkat menangani permasalahan obesitas itu. Sebab, penanganannya harus dilakukan secara komprehensif, sehingga diketahui penyebab dan upaya mengatasinya.

"Sekarang memang kita sudah mulai bekerja hari ini menyusun satu tim. Lebih detail penyakit lainnya belum bisa kita sampaikan karena efektifnya baru hari ini. Namun sejak beberapa hari dirawat, pasien mengalami keluhan berat badan sangat berlebih, ia juga mengeluh sesak nafas dan rasa sakit di badan," kata Arto.

Sementara, anggota tim penanganan Sunarti, Hikmat Permana menyebut obesitas bisa menyerang siapa saja. Orang yang mengalami permasalahan kelebihan berat badan akan berdampak pada semua organ tubuh.

"Dan tentu saja kualitas hidupnya berpengaruh. Terutamanya aktivitas yang jadi beban. Untuk itu, RSHS akan membantu seoptimal mungkin beban kesehatan pada pasien tersebut," kata Hikmat.

Sunarti dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada pekan lalu. Perempuan yang menderita obesitas itu mendapat penanganan medis dokter RSHS setelah sempat ditangani di RSUD Karawang.
(hyg)