Rona Merah dari Wihara Sambut Tahun Babi Tanah

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 05/02/2019 15:43 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun baru Babi Tanah jatuh pada Selasa (5/2). Di beberapa wihara di Jakarta, warna merah yang melambangkan pembawa berkah.

Suasana pelaksanaan prosesi sembahyang di Wihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Karet, Jakarta, sehari jelang Imlek. Ibadah dilakukan para jemaah untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2570/2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Beberapa hari menjelang Imlek, persiapan di Wihara Amurva Bhumi sudah terlihat. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tak hanya dekorasi wihara, para jemaat juga sudah mulai melakukan ibadah menyambut Imlek. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Merayakan Imlek, warga Tionghoa di Indonesia punya beberapa tradisi, misalnya memakai pakaian warna merah sebagai pembawa berkah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Selain itu, ada pula tradisi membagikan angpao untuk memperlancar rezeki. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Sementara itu, warga etnis Tionghoa juga merayakan Imlek dengan beribadah di Wihara Dharma Bakti di Petak Sembilan, Tamansari, Jakarta Barat. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ratusan warga etnis Tionghoa sudah mendatangi Wihara Dharma Bakti sejak Selasa (5/2) pagi. Di bagian dalam wihara, ratusan lilin kecil merah berjajar di sejumlah sudut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saat Imlek, ada pula larangan yang tidak boleh dilakukan saat Imlek, seperti misalnya menyapu karena dianggap mengusir keberuntungan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Hal yang dianggap sebagai pertanda baik saat Imlek adalah hujan, karena melambangkan rezeki dan berkah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di sisi lain, ada pula makanan-makan yang kerap disajikan saat Imlek seperti kue keranjang, rebung, yu sheng dan mi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dan makanan yang tak boleh dimakan di antaranya buah-buahan berduri seperti durian dan salak karena dipercaya akan merusak rezeki. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Saat Imlek, prosesi melepas burung pipit juga dilakukan, yang menandakan kebebasan dari kungkungan permasalahan menuju kepada kesuksesan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)