Bus Kramat Jati Terguling di Cicalengka, 2 Orang Tewas

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 08:35 WIB
Bus Kramat Jati Terguling di Cicalengka, 2 Orang Tewas Ilustrasi kecelakaan bus. (BOMBEROS QUITO/via REUTERS).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bus Kramat Jati jurusan Wonogiri-Bandung mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bypass Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/2) sekitar pukul 04.00 WIB. Dalam kecelakaan tersebut, dua orang meninggal dunia dan 12 lainnya luka-luka.

Bus dengan nomor plat D 7591 AF tersebut terbalik di bawah flyover Jalan Garut-Bandung. Para korban dievakuasi ke Rumah Sakit Cikopo Cicalengka.

"Lokasi kejadiannya di Jalan Raya Bypass Cicalengka tepatnya Kampung Cipetag RT 02/07, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko dalam pesan singkatnya.


Kecelakaan itu bermula ketika bus Kramat Jati tersebut bergerak dari arah timur Nagreg menuju barat Bandung. Pengemudi bernama Asep (masih dalam pencarian) diduga kurang konsentrasi sehingga oleng ke sebelah kiri dan menabrak pohon.

Bus kemudian terjatuh dari tebing setinggi 10 meter dengan posisi terbalik atau ban berada di atas.

"Akibat dari kejadian tersebut dua penumpang meninggal dunia dan 1 orang mengalami luka berat dan 10 mengalami luka ringan selanjutnya korban di bawa ke RSUD Cikopo Cicalengka," kata Truno.

Sementara itu, Juru bicara Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan pihaknya melakukan evakuasi kecelakaan tersebut. Adapun tim dari PMI, Damkar Pemkab Bandung, dan warga setempat ikut membantu proses evakuasi.

"Evakuasi menggunakan alat khusus RAR (Road Accident Rescue). Tim membuat akses dengan memotong body bus menggunakan combicutter agar segera dapat mengevakuasi korban," ujarnya.

"Yang sudah terevakuasi 18 orang. Kami sedang berusaha mengevakuasi korban yang terjepit dan memastikan di dalam bus tidak ada lagi penumpang yang tersisa," tambah Joshua.

Selain itu, Joshua mengimbau untuk masyarakat yang ingin melintas di Jalan Raya Bypass Cikopo, Nagreg-Cileunyi bisa mengambil jalan melalui Pasar Cicalengka untuk menghindari kemacetan parah akibat kecelakaan ini.

"Anggota kepolisian, dari Polres Bandung juga ikut membantu mengatur lalu lintas di sekitar lokasi kejadian karena banyak masyarakat yang penasaran ingin melihat," ucapnya. (hyg/osc)