Kapasitas Penjara Ahmad Dhani 1.500 Orang, Dihuni 2.900 Napi

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 12:09 WIB
Kapasitas Penjara Ahmad Dhani 1.500 Orang, Dihuni 2.900 Napi Ahmad Dhani akan menghuni Rutan Klas I Medaeng, Surabaya, yang menampung 2.900 narapidana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Surabaya, CNN Indonesia -- Penahanan Ahmad Dhani Prasetyo bakal dipindahkan sementara ke Rutan Klas I Medaeng, Surabaya. Dia akan mengisi rutan yang kelebihan kapasitas narapidana.

Kepala Rutan Klas I Medaeng Teguh Pambudi mengatakan kondisi Rutan Medaeng saat ini over kapasitas. Ia mengatakan kapasitas rutan itu sebenarnya hanya mampu menampung 1.500 tahanan. Namun kini tercatat ada 2.900-an narapidana yang menghuni. Menurutnya, Dhani bakal berjubelan dengan tahanan yang lain.

"Tidak ada perlakuan khusus. Karena di sini isinya sudah 2.900, kapasitas cuma 1.500. Makanya, tidak ada yang khusus di sini. Semuanya penuh," kata Teguh saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (6/2).



Dia mengatakan musikus Dewa 19 itu diberangkatkan dari Lapas Cipinang, Jakarta, pada hari ini.

"Saya dikabari dari kejaksaan begitu katanya (Dibon ke Rutan Medaeng). Ini kan perjalanan dari sana pagi katanya, saya ndak tahu persis nanti mau ke rutan atau kejaksaan dulu," kata Teguh.

Sesampainya di Medaeng nanti, Dhani, kata dia bakal ditempatkam di sel umum bersama dengan tahanan yang lain. Tak ada pula perlakuan khusus terhadap caleg DPR RI dari Partai Gerindra tersebut.

Senada, Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi Jatim Richard Marpaung mengatakan saat ini petugas Kejaksaan sudah berada di Jakarta untuk memindahkan aktor gerakan #2019GantiPresiden tersebut.


Perpindahan ini dilakukan untuk memudahkan proses persidangan Dhani pada Kamis, (7/2) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Sidang ini terkait kasus pencemaran nama baik melalui ujaran idiot yang menjeratnya.

Richard mengatakan pemindahan ini sudah disetujui oleh dua instansi yang berwenang yakni Kemenkumham dan Pengadilan Tinggi Jakarta Selatan.

"Hari ini, meluncur ke Surabaya dan langsung ke Medaeng. Kami sudah mendapat izin, dan sudah berkoordinasi dengan pihak rutan untuk dititipkan di Medaeng," katanya.

Sementara itu, salah satu politisi Gerindra, Siti Rafika membenarkan Dhani telah diberangkatkan pukul 11.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Juanda Surabaya.

"Jam 11.00 WIB terbang ke Surabaya. Tiba di Juanda langsung menuju Rutan Medaeng. Estimasinya jam 13.00 sudah tiba di Rutan Medaeng," kata Fika saat dikonfirmasi.

(frd/pmg)