Alumni IKJ Dukung Jokowi Karena Rajin Nonton Konser Metal

CNN Indonesia | Sabtu, 09/02/2019 21:37 WIB
Alumni IKJ Dukung Jokowi Karena Rajin Nonton Konser Metal Sutradara sekaligus alumni IKJ Riri Riza mengaku mendukung Jokowi karena kesukaannya pada musik metal. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Sutradara ternama yang juga alumni IKJ, Riri Riza, menyebut dukungan diberikan ke petahana salah satunya karena Jokowi rajin menonton konser musik.

"Kita butuh pemimpin yang jadi partner, sahabat, memahami seni, datang ke pertunjukan musik. Itu potensinya kita bisa lebih baik, dan semua pihak bisa berpartisipasi," kata Riri usai Deklarasi Alumni Ikut ke Jokowi (IKJ) di Rumah Aspirasi Rakyat #01, Jakarta, Sabtu (9/2).

Seperti diketahui, Jokowi menyukai musik metal dan rock. Ia juga beberapa kali menghadiri konser musik band cadss, seperti Metallica dan Iron Maiden ketika dua band heavy metal ini datang ke Indonesia.

Sutradara Ada Apa dengan Cinta? itu menjelaskan hobi Jokowi menonton konser musik jadi cermiman keberpihakannya terhadap pekerja dan pecinta seni.

Riri menyebut keberpihakan Jokowi terhadap seni juga terlihat dari kebebasan untuk berkarya selama 4 tahun terakhir. Di era Jokowi juga disahkan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan yang menjamin seni budaya di Indonesia.

"Bagi kami yang bekerja di dunia seni, merasakan betul persoalan kebebasan berekspresi, terutama saya yang sudah merasakan beberapa periode pemerintahan. Merasakan kebebasan itu penting," tuturnya.

Di kesempatan yang sama alumni IKJ lainnya yang juga sutradara ternama, Hanung Bramantyo, mengatakan dukungan kepada Jokowi merupakan bentuk keresahan para pekerja seni.

Beberapa tahun terakhir, ucap Hanung, banyak karya seni terbaik yang dihasilkan pekerja seni. Namun di saat yang sama, seni disalahgunakan menjadi saluran ujaran kebencian karena kondisi politik.

"Harusnya kita mengabarkan keberagaman kita, kesatuan Indonesia, Pancasila. Tapi kemudian muncul karya-karya, video-video audio visual, fotografi untuk ujaran kebencian. Kemudian kami tahu di sini yang paling bisa menyatukan kami," ujar sutradara Ayat-ayat Cinta tersebut.

Dukungan dari Alumni IKJ menambah daftar lulusan perguruan tinggi yang menyatakan sikap politik kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Sebelumnya ada pula dukungan dari alumni Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, dan Universitas Andalas.




(dhf/arh)