Silaturahmi Purnawirawan, Jokowi Disambut Yel NKRI Harga Mati

CNN Indonesia | Minggu, 10/02/2019 19:21 WIB
Silaturahmi Purnawirawan, Jokowi Disambut Yel NKRI Harga Mati Capres nomor urut 01 Joko Widodo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo disambut dengan yel-yel saat tiba di acara silaturahmi dengan purnawirawan TNI dan Polri di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, Minggu (10/2). Jokowi diiringi dengan tema tersebut selama berjalan menuju kursinya di lokasi acara.

"Siapa kita? Indonesia! NKRI! Harga Mati!" pekik para purnawirawan secara bersamaan saat Jokowi baru tiba di lokasi acara.

Yel tersebut diteriakkan berulang kali mengiringi Jokowi yang berjalan menuju kursi seraya menyalami para purnawirawan. Kadang, nampak beberapa Purnawirawan yang mengepalkan tangan ke atas sambil meneriakkan yel.


"Siapa kita? Indonesia! NKRI! Harga Mati!" teriak para purnawirawan. 

Jokowi sendiri hadir mengenakan kemeja berwarna putih polos dengan celana panjang hitam. Dia disambut Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat baru tiba di lokasi. 

Diketahui, sekitar seribu purnawirawan lintas matra TNI polri menghadiri silaturahmi bersama Jokowi di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Minggu (10/2). Mereka berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Mereka yang hadir di antaranya Soebagyo HS, Freddy Numberi, Wiranto, Luhut Binsar Pandjaitan, Da'i Bachtiar, Rusman Hadi, Bimantoro, dan ratusan Purnawirawan lainnya.

Ketua pelaksana Laksamana Muda (Purn) Iskandar Sitompul mengatakan purnawirawan yang hadir sebanyak seribu orang. Namun, itu hanya sebatas perwakilan. Iskandar mengatakan masih banyak lagi purnawirawan yang mendukung Jokowi tetapi tidak bisa hadir di Ji Expo Kemayoran.

"Ini mereka kan semuanya dulu pernah bertugas di mana-mana. Dari Sabang sampai Merauke," kata Iskandar di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2).

"Tentunya punya link. Relationship di mana mana. Nah ini akan menggerakkan semua Purnawirawan-purnawirawan termasuk keluarga, anak anaknya untuk memilih Pak Jokowi," lanjutnya.

Iskandar lalu mengatakan dirinya dan purnawirawan lain yang hadir di acara sudah yakin memilih Jokowi - Maruf pada Pilpres 2019 nanti. Iskandar menyebut apa yang sudah dikerjakan Jokowi selama ini merupakan bukti bahwa dirinya patut memerintah dua periode. 

"Kalau kita ya, melihat pak Jokowi yang mempunyai harapan untuk memajukan bangsa dan negara ini. Ini pilihan kami," kata Iskandar
[Gambas:Video CNN] (bmw/sur)