Jokowi Lantik Khofifah-Emil dan Pengganti Zumi Zola Sore Ini

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 09:13 WIB
Jokowi Lantik Khofifah-Emil dan Pengganti Zumi Zola Sore Ini Jokowi akan melantik Gubernur Jawa Timur dan Jambi di Istana Rabu (13/2) sore. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Rabu (13/2).

Berdasarkan agenda resmi presiden, proses pelantikan akan dimulai pukul 15.15 WIB di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pasangan Khofifah-Emil menang dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Khofifah-Emil mampu unggul dari pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.



Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Khofifah-Emil memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Sementara Gus Ipul-Puti mendapat 9.076.014 suara atau 46,5 persen.

Pasangan yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem itu lantas ditetapkan sebagai pemenang.

Pelantikan baru dilakukan hari ini lantaran masa jabatan Soekarwo-Gus Ipul baru berakhir kemarin, 12 Februari.

Jokowi Lantik Khofifah-Emil dan Pengganti Zumi Zola Sore IniKhofifah-Emil akan dilantik Jokowi di Istana, Rabu (13/2) sore. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Lantik Pengganti Zumi Zola

Selain melantik Khofifah-Emil, Jokowi juga akan melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai gubernur. Fachrori menggantikan Zumi Zola yang telah menjadi narapidana kasus korupsi.

Kasus yang menjerat Zumi telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah. Zumi dinyatakan bersalah karena menerima gratifikasi dan memberikan suap terkait pengesahan APBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018.

Jokowi Lantik Khofifah-Emil dan Pengganti Zumi Zola Sore IniEks Gubenur Jambi Zumi Zola menjadi terpidana kasus korupsi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)


Pemberhentian Zumi pun telah dilakukan lewat Keputusan Presiden Nomor 7/P Tahun 2019 tertanggal 17 Januari 2019. Nantinya Fachrori akan meneruskan jabatan Zumi sampai tahun jabatan 2021.

(fra/DAL)