Pengamanan Debat Pilpres Kedua Dibuat Empat Lapis

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 13:54 WIB
Pengamanan Debat Pilpres Kedua Dibuat Empat Lapis Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyiapkan empat lapis pengamanan pada pelaksanaan debat pemilihan presiden (Pilpres) putaran kedua pada Minggu (17/2).

Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pola pengamanan tersebut hampir sama dengan pola pengamanan yang diterapkan pada debat pilpres putaran pertama.

"Polanya sama yang dilakukan Polda Metro Jaya pada saat debat pertama, menggunakan pola empat ring sudah sangat kondusif," kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (13/2).


Rincian empat lapis pengamanan tersebut yakni, ring I merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres)
ada Presiden Joko Widodo. Kemudian ring 2, meliputi area hotel akan dijaga personel TNI-Polri.
Ring III merupakan halaman parkir, dan ring IV adalah jalur keluar-masuk pasangan calon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi hal darurat lainnya.

Selain empat ring pengamanan, kata Dedi, polisi juga telah menyiapkan jalur penyelamatan jika terjadi sesuatu hal. Dedi menyebut pihak kepolisian telah menyiapkan rencana untuk pengaman debat putaran kedua tersebut.

"Kepolisian sudah sangat berpengalaman dan akan melakukan pengamanan debat secara komprehensif," ujar Dedi.
Debat kedua capres dalam Pemilu 2019 akan digelar pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat kali ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat itu mengusung tema pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.
[Gambas:Video CNN] (dis)