Khofifah-Emil Akan Diarak Ribuan Warga Jatim Besok

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 15:32 WIB
Khofifah-Emil Akan Diarak Ribuan Warga Jatim Besok Khofifah dan Emil akan diarak ribuan warga Jatim besok usai pelantikan hari ini Istana. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Surabaya, CNN Indonesia -- Ribuan warga akan mengarak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak besok, usai dilantik hari ini (13/2) di Istana Merdeka.

Ketua Tim Kreatif Khofifah-Emil, Helmy M Noor mengatakan diperkirakan ada 20 ribu warga yang mengarak. Penyambutan pada Khofifah-Emil akan digelar di lima titik di Surabaya. Lima titik itu adalah Masjid Agung Surabaya, Jalan Tunjungan, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan dan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Khofifah diperkirakan akan tiba di Bandara Juanda pukul 12.00 WIB besok. Mereka kemudian akan diarak ke Masjid Al Akbar, Surabaya. Di sana pemenang Pilkada Jatim 2017 itu akan sujud syukur bersama 3 ribu santri.

"Kemudian dilanjutkan jamaah Salat Duhur, doa bersama, dan diakhiri dengan sujud syukur," ujar Helmy saat dikonfirmasi.


Selanjutnya kata Helmy, Khofifah dan Emil akan keluar masjid diiringi salawat Nabi dengan 1.000 rebana. Keduanya lalu konvoi menuju Monumen Tugu Pahlawan dengan menaiki mobil jeep terbuka.

 "30 Jeep Wilis ini dari relawan, partai politik pengusung dan masyarakat," ujarnya.

Sampai di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil disambut 199 penari Remo dan 5 ribu relawan. Khofifah akan berpidato untuk pertama kalinya setelah dilantik.

Selesai di Tugu Pahlawan, rombongan lalu bergeser ke depan Hotel Majapahit. Dari sana, mereka lalu berjalan kaki bersama relawan menuju Gedung Negara Grahadi.

"Bu Khofifah dan Pak Emil akan naik kereta khas Madura (diiringi) musik Ul-Daul, kesenian khas Pamekasan. Diiringi juga dengan barisan marching band, barongsai dan kesenian lainnya," katanya.

Di Grahadi, Khofifah-Emil akan bertemu dengan komunikasi pimpinan daerah (forkompimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, Muslimat NU, dan masyarakat.

"Acara lalu dilanjutkan buka puasa bersama saat Maghrib, karena kebetulan hari itu Kamis, Ibu Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur menunaikan puasa sunnah," kata dia.

Masyarakat juga bisa menikmati suguhan. Karena, panitia telah menyediakan 11 menu khas Jatim dari pedagang kaki lima (PKL).

"Terbuka nanti Grahadi. Kami juga memohon maaf, apabila nanti ada sedikit kemacetan sebentar saat rombongan melintas," kata Helmy. (frd/sur)