Sandiaga Kebal Bully Sejak Bersekolah di Pangudi Luhur

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 18:11 WIB
Sandiaga Kebal <i>Bully</i> Sejak Bersekolah di Pangudi Luhur Cawapres 02 Sandiaga Uno mengaku sudah terbiasa dengan perundungan atau bullying sejak menimba ilmu di SMA Pangudi Luhur. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku sudah terbiasa dengan perundungan alias bullying sejak masih menimba ilmu di Sekolah Menengah Atas (SMAPangudi Luhur (PL).

Oleh karena itu, kata dia, perundungan yang ditujukan padanya sejak tampil pada Pilgub DKI Jakarta 2017 hingga Pilpres 2019 kini pun tak akan memengaruhi langkahnya.

"Di [SMA] PL kami berteman, kami belajar berteman. Meski berbeda pilihan, kami tetap berteman. Belajar di-bully. Jadi kalau sekarang di-bully, ya tidak ada apa-apanya," kata Sandi saat bertemu dengan sejumlah alumnus SMA PL yang tergabung dalam 'Bro Sandi' di salah satu kafe di Jakarta Selatan, Rabu, (13/2).



Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pun lanjut menceritakan masa pendidikannya di sekolah khusus laki-laki itu. Ia mengaku hukuman yang kerap diterima selama bersekolah di SMA PL membuatnya menjadi sosok yang tangguh hingga kini.

"Dulu saya pernah di acara jambore dihukum menggunakan pakaian daster tiga hari. Hukuman-hukuman itu yang membuat kami kuat. Itulah yang membuat kami tidak baperan [terbawa perasaan]," kata Sandiaga.

Kepada rekan-rekannya yang tergabung dalam 'Bro Sandi' itu pun Sandiaga meminta mereka memberikan masukan dan tidak merasa lebih gagah dibandingkan alumni lainnya.

Sandi pun berharap alumni SMA PL tidak terpecah belah akibat kontestasi Pilpres 2019. Ia meminta rekan-rekannya yang tergabung dalam 'Bro Sandi' tidak mencemooh lawan politik yakni paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Berikan masukan, jangan kita tanding-tandingan, jangan gagah-gagahan. Bagaimana pun juga  Jokowi adalah putra terbaik negara ini. Enggak boleh ada huuu di sini," ucap sandi.

Sandiaga memang diketahui sebagai salah satu jebolan sekolah khusus pria tersebut. Ia lulus dari sekolah itu pada 1987 silam.

Salah satu alumni SMA PL yang hadir dalam kegiatan tersebut, Johannes Suryo Prabowo mengatakan seorang lelaki sejati pantang untuk mengingkari janjinya.

Purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan pangkat terakhir letnan jenderal itu pun menyebut Sandi sebagai lelaki sejati karena telah setia dengan istrinya, Nur Asia Uno.

"Lelaki sejati pantang ingkar janji. Sebagai contoh, bro Sandi pacar pertama siapa? Nah, ini lelaki sejati," kata Johannes di lokasi pemberian dukungan sejumlah alumnus SMA PL terhadap Sandiaga tersebut.

(mts/kid)