Dewan Adat Nasional Dukung Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 02:37 WIB
Dewan Adat Nasional Dukung Jokowi-Ma'ruf Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Adat Nasional mendeklarasikan dukungan terhadap Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ketua Dewan Adat Nasional Irwanur Latubual mengklaim pihaknya memiliki puluhan juta massa pasukan adat untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pemilu 2019.

"Seluruh pasukan adat serta seluruh masyarakat Indonesia kita arahkan untuk mendukung pasukan adat kita itu puluhan juta," ujar Irwanur di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (13/2).

Irwanur mengatakan massa yang puluhan juta itu terdiri dari berbagai pasukan adat di setiap kerajaan yang pernah ada di nusantara. Pasukan adat itu, kata dia sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan dan diwariskan secara turun temurun.


"Setiap kerajaan itu kan punya pasukan adat. Setiap Dewan adat, raja, sultan, punya pasukan adat yang sudah baku dari sebelum Indonesia merdeka sampai sekarang tetap ada dan kita nasional kan menjadi padan pasukan adat," ujar dia.

Selain mengerahkan pasukan adat yang jumlahnya puluhan juta itu, pihaknya juga menyiapkan pusat rumah juang nusantara. Rumah juang itu, nantinya akan menampung seluruh relawan Jokowi-Ma'ruf.

Lebih lanjut, dia menyatakan dukungan ini telah dibahas dalam rapat Dewan Adat Nasional yang diselenggarakan pada 12 Februari 2019 lalu. Alasan pihaknya mendukung Jokowi-Ma'ruf adalah lantaran petahana dinilai sudah bekerja sesuai harapan masyarakat.

"Pak Jokowi sudah bekerja sesuai harapan kita dan semua pembangunan kelihatan di seluruh Nusantara untuk itu kami mendukung beliau agar menyelesaikan pekerjaan pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan," katanya.

Lebih lanjut, dukungan ini akan dikukuhkan dalam bentuk deklarasi yang rencananya dilaksanakan di Bandung dan Jakarta.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Dewan Adat Nasional. Menurut dia, dukungan ini akan sangat signifikan membawa pengaruh kepada Jokowi di Pilpres 2019.

"Dukungan ini akan ditindaklanjuti dengan deklarasi melibatkan seluruh masyarakat adat Nusantara ini sangat signifikan karena inilah keindonesiaan kita sebagai perpaduan yang menyeluruh dari Sabang sampai Merauke sebagai suatu kekuatan kebangsaan," ujarnya. (sah/eks)