Khofifah-Emil Berpesta, 600 Polisi Siaga

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 06:57 WIB
Khofifah-Emil Berpesta, 600 Polisi Siaga Khofifah-Emil resmi dilantik oleh Jokowi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Surabaya, CNN Indonesia -- Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak telah resmi dilantik, Rabu (13/1). Kebahagaiaan keduanya akan dirayakan oleh rakyat Jawa Timur hari ini, Kamis (14/2).

Untuk mengamankan pesta penyambutan Khofifah-Emil, Kepolisian Daerah Jawa Timur pun telah menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan setidaknya ada 600 personel gabungan yang telah disiapkan. 600 personel ini adalah gabungan dari Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.


"Kita sudah siapkan pengamanannya. Ada 600 personel dari Polrestabes dan Polda," kata Barung kepada wartawan.


Barung menyebutkan di antara 600 personel tersebut, mereka terdiri dari berbagai direktorat kepolisian. Di antaranya ada yang dari direktorat lalu lintas hingga sabhara.

"Dari 600 personel yang kita libatkan (untuk arak-arakan Khofifah) banyak dari polisi uniform, lantas dan sabhara," kata Barung, merinci.

Sementara itu, Ketua Tim Kreatif penyambutan gubernur baru, Helmy M Noor mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait pesta atau syukuran yang akan digelar siang nanti.

Bukan hanya dari kepolisian saja, namun juga dengan instansi pengendali lalu lintas yakni, Dinas Perhubungan Jatim.

"Kami di-backup Dishub Jatim, Polda Jatim, dan Polrestabes Surabaya untuk memantapkan persiapan acara ini. Mohon doanya," kata Helmy.


Helmy mengklaim diperkirakan akan ada 20 ribu warga yang mengarak Khofifah-Emil. Penyambutan sendiri akan digelar di lima titik di Surabaya.

Lima titik itu adalah Masjid Agung Surabaya, Jalan Tunjungan, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan dan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Khofifah-Emil sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024.

Pelantikan Khofifah-Emil serta Fachrori tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 2/P tahun 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 16/P Tahun 2019.


Pasangan Khofifah-Emil menang dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Khofifah-Emil mampu unggul dari pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Khofifah-Emil memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Sementara Gus Ipul-Puti mendapat 9.076.014 suara atau 46,5 persen.

Pasangan yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem itu lantas ditetapkan sebagai pemenang.

[Gambas:Video CNN] (frd/DAL)