Lingkaran Istana Beri Masukan Jokowi Debat Lawan Prabowo

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 17:32 WIB
Lingkaran Istana Beri Masukan Jokowi Debat Lawan Prabowo Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat debat perdana Pilpres. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong menyebut pihak Kantor Staf Presiden (KSP) dan beberapa menteri Kabinet Kerja turut memberikan masukan materi debat putaran kedua kepada Presiden Joko Widodo.

Usman menyebut nama Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo turut memberikan masukan ke Jokowi untuk materi debat di bidang energi dan lingkungan hidup.

"Tim-tim di KSP yang juga mumpuni di bidang energi, misalnya Darmawan Prasojo kemarin juga kan ikut diskusi untuk itu, jadi kita perluas saja timnya untuk materi," kata Usman saat ditemui di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis (14/2).

Debat pilpres putaran kedua akan mempertemukan Jokowi dan Prabowo Subianto sebagai kandidat calon presiden pada 17 Februari 2019. Debat itu akan mengambil tema Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, dan Infrastuktur.


Tak hanya itu, Usman menyatakan beberapa nama menteri terkait diminta Jokowi untuk memberikan data-data yang berkaitan dengan tema debat.

Ia menyebut nama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri ESDM Ignasius Jonan turut dimintai masukan oleh Jokowi.

"Kalau itu [menteri] kan otomatis aja, misalnya data-data tentang lingkungan hidup Pak Jokowi sebagai capres petahana itu kan berhak minta ke ke Ibu Siti Nurbaya misalnya, Pak Jokowi minta data-data minta masukan dari Kementerian terkait, misalnya PUPR untuk infrastruktur, ESDM," kata dia
Usman menyatakan tak ada persoalan bila para menteri itu terlibat dalam pengumpulan materi debat. Sebab, kata dia, posisi menteri merupakan jabatan politik yang tak harus mengambil posisi netral di Pilpres.

"Itu bisa, karena menteri apapun jabatan politik, dia bisa dong ikut serta di dalam mempersiapkan debat," kata dia.

Di sisi lain, Usman menyatakan Jokowi sudah siap dalam menghadapi debat putaran kedua menghadapi Prabowo. Ia mengatakan tema debat kali ini Jokowi sangat menguasai ketimbang Prabowo.

"Temanya itu pak Jokowi banget, karena Pak Jokowi sudah melakukan banyak hal terakait tema-tema, tadi antara lain infrastruktur, soal energi pak Jokowi sudah melakukan banyak hal energi terbaru dan terbarukan," kata dia.
Selain itu, Usman turut mebeberkan Jokowi telah menyiapkan jawaban-jawaban terbaik untuk menangkal 'serangan' dari Prabowo dalam debat.

Kata dia, Jokowi juga telah menyiapkan jawaban soal isu infrastruktur dibiayai oleh utang yang selama ini ramai dibahas di tengah-tengah masyarakat.

"Itu sudah kita siapkan, bahwa ada mekanisme ada berbagai macam, seperti itu salah satu contohnya, lain-lain kita sudah siapkan," kata dia.
[Gambas:Video CNN] (rzr/ugo)