Polri Terjunkan 307 Personel Pengamanan Putra Mahkota Saudi

CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 04:20 WIB
Polri Terjunkan 307 Personel Pengamanan Putra Mahkota Saudi Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (REUTERS/Faisal Al Nasser).
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menerjunkan ratusan personel untuk pengamanan kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) di Indonesia pada pekan depan. MbS rencananya akan disambut Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan pengamanan tersebut akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Kodam Jaya serta Pasmpampres.

"Karena ini tamu kenegaraan, tugasnya kepolisian dalam hal ini melakukan pengamanan VIP," kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (15/2).


Dedi menuturkan personel yang akan dilibatkan kurang lebih berjumlah 307 personel yang terdiri dari satgas intelijen, Sabhara, Dirlantas, Brimbob, dan Ditreskrimum.

Selain itu, juga akan diterjunkan 135 personel yang terdiri dari Polres Jakarta Pusat, Polres Jakarta Selatan, serta Polres Jakarta Timur.

"Pada prinsipnya PMJ akan mendukung proses pengamanan baik jalur, pengawalan, VIP, dan pengamanan yang jadi objek lokasi yang dikunjungi putera mahkota Arab Saudi," tutur Dedi.

Dedi menjelaskan nantinya Polri akan ada di ring dua, tiga, dan empat. Kemudian di ring empat, akan dilakukan bersama-sama pasukan TNI.

"Pada rangkaian pengawalan, tugas Polri ada di depan dan belakangan," ujarnya.

Dedi mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan permintaan untuk melakukan pengamanan khusus. Namun ada atau tidaknya permintaan itu, pihaknya memang memiliki kewajiban untuk melakukan pengamanan.

"Itu kewajiban dari negara yang dikunjungi tamu negara," ucap Dedi.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada 18 Februari malam. Kemudian pada 19 Februari akan melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor

Kunjungan MbS tersebut merupakan bagian tur kenegaraan yang tengah dilakukannya ke sejumlah negara Asia dalam beberapa pekan terakhir.

Fokus utama lawatan penerus takhta kerajaan Saudi tersebut adalah penguatan kerja sama ekonomi dengan Indonesia dan kepentingan umat Islam. Nantinya direncanakan ada sejumlah kesepakatan yang akan diteken kedua negara dalam lawatan MbS nanti ke Jakarta.

Selain Jokowi, MbS juga dijadwalkan akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Saudi itu juga akan bertemu dengan komunitas bisnis RI-Saudi di Jakarta. (dis/osc)