Lion Air: Pesawat yang Tergelincir di Pontianak Laik Terbang

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 17:48 WIB
Lion Air: Pesawat yang Tergelincir di Pontianak Laik Terbang Ilustrasi pesawat Lion Air. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Lion Air menyatakan bahwa pesawatnya yang tergelincir di Bandara Supadio, Pontianak, pukul 15.15 WIB Sabtu (16/2) ini telah lulus tahap pengecekan sebelum terbang.

"Penerbangan Lion Air JT-714 hari ini dipersiapkan dengan baik. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan resmi yang diterima cnnindonesia.com, Sabtu (16/2).

Ia menyatakan insiden keluar landas pacu (over run) terjadi sesaat setelah mendarat akibat kondisi hujan deras. Ia memastikan tak ada korban jiwa dari pesawat yang membawa tujuh kru dengan 180 penumpang dewasa dan dua bayi tersebut.


Danang menyatakan seluruh penumpang dan kru telah dievakuasi dalam keadaan selamat dan saat ini sudah berada di ruang terminal Bandara guna mendapatkan layanan terbaik.

"Saat ini Lion Air bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan proses evakuasi pesawat dan langkah berikutnya," tuturnya.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas kondisi dan ketidaknyamanan yang timbul," Danang menegaskan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Hubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Pramesti telah lebih dulu mengonfirmasi tergelincirnya pesawat Lion Air JT-714 PK-LPS yang take off pukul 13.50 WIB ini. Menurutnya, insiden itu terjadi akibat cuaca buruk saat pendaratan. (chri/vws)