Prabowo Siap Kembalikan Ratusan Ribu Hektare Lahan ke Negara

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 23:08 WIB
Prabowo Siap Kembalikan Ratusan Ribu Hektare Lahan ke Negara Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto siap mengembalikan ratusan ribu lahan yang kini dikelolanya di Kalimantan dan Aceh. Prabowo tak mempermasalahkan lantaran lahan itu memang milik negara.

Prabowo menyatakan hal ini sekaligus mengklarifikasi soal tudingan Joko Widodo terkait kepemilikan lahan 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah.

"Soal tanah itu benar tapi itu hak guna usaha (HGU)," Kata Prabowo saat debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam. 


Prabowo membenarkan perihal kepemilikan itu. Namun kata dia lahan itu sebenarnya milik negara, meski dia memiliki izin untuk mengelola lahan tersebut. 

Dia bahkan menyebut kalau lahan itu sewaktu-waktu bisa diambil oleh negara dari dia yang saat ini memiliki izin untuk mengelola. 

"Itu adalah milik negara jadi setiap saat negara bisa ambil, kembalikan itu semua," katanya.

Meski begitu kata Prabowo dirinya lebih berhak untuk mengelola lahan tersebut daripada diserahkan untuk dikelola oleh asing. 

"Tapi kalau jatuh ke asing lebih baik saya yang kelola. Karena saya nasionalis dan patriotik," kata Prabowo.
(tst/sur)