Hasto soal Jokowi Pernah Kerja di Aceh: Pengalamannya Luas

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 18:08 WIB
Hasto soal Jokowi Pernah Kerja di Aceh: Pengalamannya Luas Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto merespons pernyataan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang menyebut Jokowi pernah bekerja di perusahaan yang kini dikuasai Prabowo Subianto di Aceh.

Hasto tak membantah atau membenarkan perihal tersebut. Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu hanya menyebut Jokowi memang punya pengalaman kerja yang luas.

"Ya kalau pengalaman bekerja artinya Pak Jokowi pengalamannya luas. Mau bekerja di industri mebel, mau bekerja di Aceh, itu tidak ada persoalan," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (19/2).


Hasto tak merespon lebih jauh perihal informasi tersebut. Ia hanya mengatakan Jokowi merupakan pemimpin yang memahami seluruh aspek.

Ia juga menuturkan setiap pemimpin memang harus mengetahui tren perkembangan perekonomian dan teknologi informasi sebagai tulang punggung kemajuan dan keadilan.

Lebih lanjut, Hasto juga menyinggung kekhawatiran Prabowo pada hal-hal yang terkait dengan asing dan penguasaan aset oleh segelintir orang. Ia mengklaim Jokowi sudah melakukan sejumlah perbaikan atas kekhawatiran yang selalu disampaikan oleh Prabowo.

"Karena itulah ketidakmampuan Pak Prabowo, sekali lagi terhadap jawaban atas unicorn, atas politik pertanahan itu kemudian jangan dibawa dalam bentuk politik kambing hitam," ujarnya.

Sebelumnya, Irwandi menyebut Jokowi pernah bekerja di perusahaan penggarap lahan yang kini dimiliki Prabowo di Aceh. Perusahaan itu adalah PT Alas Helau, kini PT Tusam Hutani Lestari yang berlokasi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

"Pak Jokowi di sana juga dulu, di PT Alas Helau. Tiga tahun dia di sana dengan Pak Prabowo," ujar Irwandi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (18/2).

Sebelumnya juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily membantah kabar yang menyebut Jokowi pernah bekerja di perusahaan milik Prabowo di Aceh.

"Pak Jokowi tidak pernah bekerja di perusahaan yang dikuasai Prabowo," kata Ace Hasan

Namun ia mengakui jika Jokowi memang pernah kerja di Aceh yakni di PT Kertas Kraft Aceh (KKA) yang merupakan milik Badan Usaha Milik Negara.

"BUMN yang memproduksi kertas kantong semen," kata Ace. (jps/sur)