2030, Anies Targetkan Pengguna Transportasi Umum 75 Persen

psp, CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 03:36 WIB
2030, Anies Targetkan Pengguna Transportasi Umum 75 Persen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring pembangunan mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) di Jakarta dalam beberapa tahun terakhir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan pengguna transportasi umum dapat meningkat hingga 75 persen pada tahun 2030. Di satu sisi, pada tahun itu pengguna kendaraan pribadi berkurang menjadi 25 persen.

Target itu dicanangkan Anies lantaran saat ini pengguna transportasi umum masih sekitar 25 persen. Sementara pengguna kendaraan pribadi 75 persen.

"Targetnya tahun 2030 kita bisa ubah persentase yang sekarang ada. Kalau bisa integrasi maka akan berbalik 75 persen yang menggunakan kendaraan umum dan 25 persen sisanya kendaraan pribadi," ujar Anies usai meninjau pembangunan di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (20/2).


Untuk mencapai target tersebut, Anies saat ini tengah mengupayakan integrasi pada sistem transportasi di ibu kota. Salah satunya dengan mengintegrasikan MRT dengan bus TransJakarta maupun transportasi umum lainnya.

"Dengan begini kendaraan jadi nyaman, terjangkau geografis, dan untung secara ekonomi. Dan ini membuat lebih mudah pergi ke mana saja tanpa mengalami kemacetan," katanya.

Selain mengintegrasikan moda transportasi di Jakarta, pihaknya juga tengah membangun fasilitas park and ride untuk parkir kendaraan pribadi. Untuk lokasi park and ride di MRT fase I Bundaran HI-Lebak Bulus akan dibangun di sekitar Lebak Bulus dan Fatwamati.

"Warga yang menggunakan kendaraan pribadi bisa parkir lalu ke stasiun MRT. Ada yang ke stasiunnya jalan kaki, naik bus TransJakarta. Dengan begitu warga yang mau ke Sudirman-Thamrin tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi tapi dengan MRT," terangnya.

(osc)