Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi di Pilpres

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 16:29 WIB
Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi di Pilpres Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik gubernur dan wakil gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Riau Syamsuar mendukung calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam gelaran pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Syamsuar berharap Jokowi bisa memimpin Indonesia untuk dua periode.

"Saya berharap beliau bisa dua periode," kata Syamsuar usai dilantik, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/2).

Syamsuar yang berpasangan dengan Edy Natar Nasution dalam pemilihan gubernur Riau 2018 diusung oleh PAN, PKS, dan NasDem. Syamsuar pernah aktif di Partai Golkar sebelum maju dalam Pilgub.


Dua partai pengusung Syamsuar, yakni PAN dan PKS merupakan partai pengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Syamsuar mengaku belum bicara dengan PAN dan PKS terkait dukungan kepada Jokowi ini.

"Belum, belum komunikasi, nanti lah," ujarnya.


Syamsuar melanjutkan dukungan diberikan kepada Jokowi karena pemerintahan saat ini telah membuktikan kerja yang nyata, seperti pembangunan infrastruktur, menyelesaikan reforma agraria dan program dana desa.

Menurut mantan bupati Siak itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jokowi dapat dirasakan masyarakat Riau. Salah satu contohnya adalah pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru.

"Kemarin saya dapat informasi lagi, nanti ada tol Riau ke Jambi, pekerjaan-pekerjaan ini kan masih perlu dilanjutkan," kata dia.


Syamsuar-Edy Natar unggul dengan perolehan 799.289 suara dari 12 kabupaten dan kota di Riau. Pasangan yang diusung Partai PAN, PKS, dan NasDem ini unggul di 9 kabupaten dan kota.

Pasangan nomor urut 1 itu mengungguli Lukman Edy-Hartdianto yang diusung Partai PKB dan Gerindra, Firdaus-Rusli yang diusung Partai Demokrat dan PPP, serta Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Partai Golkar, PDIP dan Hanura.

Syamsuar sebelumnya menjabat sebagai Bupati Siak dua periode yakni 2011-2016 dan 2016-2021. Sementara pasangannya Edy Natar adalah pensiunan jenderal bintang satu TNI AD dengan jabatan terakhir sebagai Danrem 031/Wirabima 2017.

(fra/DAL)