Al Ghazali Bawakan Lagu Ahmad Dhani di Rutan Medaeng

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 16:36 WIB
Al Ghazali Bawakan Lagu Ahmad Dhani di Rutan Medaeng Putra sulung Al Ghazali jenguk ayahnya Ahmad Dhani di Rutan Medaeng Surabaya. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak sulung Ahmad Dhani, Ahmad Al-Ghazali Kohler mengunjungi ayahnya yang sedang ditahan di Rumah tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Kamis (21/2).

Usai berkunjung selama lebih dari satu jam, dengan menenteng gitar, Al kemudian menyanyikan lagu ciptaan ayahnya yang berjudul Hadapi dengan Senyuman.

Mengenakan kaus putih bergambar Dhani dan tulisan 'My Hero', serta peci, Al nampak khidmat memainkan gitarnya diiringi sejumlah rekannya yang memakai kaus senada.


Setelahnya, usai bertemu Dhani, Al mengaku dititipi sejumlah pesan oleh ayahnya. Sebagai anak pertama ia diminta untuk selalu tegar dan menjaga keluarganya.

"Diminta untuk selalu tegar dan kuat, jaga keluarga, jaga mamahnya ayah, dan jaga Al, El, Dul," kata Al, dengan sedikit terbata.


Menurutnya, saat berada di dalam tadi, Dhani tetap terlihat kuat dan sabar meski menurutnya sang ayah kini sedang menjalani penahanan 30 hari, karena dizalimi.

Ia pun mengaku bangga kepada ayahnya yang juga pentolan band Dewa 19 tersebut. Al juga berharap agar proses hukum yang kini sedang dijalani Dhani diberi kelancaran.

"Walaupun ayah terzolimi 30 hari ditahan, ayah tetap kuat dan sabar, saya bangga sama ayah. Tetap kuat enggak sedih sama sekali pun. Saya juga selalu support ayah saya semoga (proses hukum) akan berjalan dengan lancar," kata dia.

Dhani kata, Al juga meminta dirinya untuk berjuang demi keadilan, melanjutkan perjuangan sebagaimana yang selama ini dilakukan oleh pentolan gerakan #2019GantiPresiden tersebut.

"Ayah minta saya selalu memperjuangkan keadilan, melanjutkan perjuangan ayah saya," ujarnya.


Lebih lanjut, Al menegaskan masih dalam posisi netral dalam urusan politik. Al menyebut dirinya hanya mendukung pencalonan sang ayah sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil 1 Jawa Timur, Surabaya-Sidoarjo, dalam kontestasi Pemilihan Legislatif 2019.

"Saya netral, yang penting disini saya support ayah saya, untuk politik saya netral. Saya support ayah untuk pencalonannya di Jatim, di Surabaya," pungkas Al.

Sebelum Al, ada pula Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah dan istrinya, Ashanty Siddik Hasnoputro yang menjenguk Dhani di Rutan Medaeng.

Dalam perkara pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot' ini Dhani didakwa dengan Pasal 45 Ayat 3 juncto Pasal 27 Ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang UU ITE.


Kasus ini bermula ketika Dhani membuat vlog yang bermuatan ucapan 'idiot' saat ia berencana menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya, 26 Agustus 2018 silam.

Dhani kemudian dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Pelapor merupakan salah satu elemen yang berdemo menolak deklarasi #2019GantiPresiden.

Kini suami Mulan Jameela itu tengah menjalani masa pemindahan penahanan sementara di Rutan Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo. Ia akan tetap mendekam di Rutan Medaeng tersebut, hingga perkara pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot' tuntas disidangkan.

(frd/DAL)