AHY Ungkap Awal Mula Ani Yudhoyono Terdiagnosa Kanker Darah

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 17:40 WIB
AHY Ungkap Awal Mula Ani Yudhoyono Terdiagnosa Kanker Darah AHY mengatakan sang ibunda, Ani Yudhoyono, mulai menurun kondisinya usai menemani SBY menyapa warga dalam perjalanan darat Sumut-Aceh. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menceritakan ihwal kondisi kesehatan ibunya, Ani Yudhoyono hingga diketahui telah mengidap kanker darah.

Dalam wawancara yang dikutip dari Insert Live, AHY mengatakan kondisi kesehatan Ani mulai dirasakan betul menurun setelah mengikuti perjalan SBY di Sumatera Utara dan Aceh.

"Januari, masih sangat terlihat sehat, bahkan mendampingi Pak SBY melakukan kunjungan, menyapa masyarakat ke Sumatra Utara dan Aceh," ujar AHY.


Diakui AHY, perjalanan rombongan SBY menyapa masyarakat di dua provinsi tersebut cukup panjang karena perjalanan darat.

"Di Aceh Ibu sudah mulai ngerasa kok kayak kehilangan tenaga, jalan agak lambat, ngos-ngosan, tidak bisa mengikuti langkah Pak SBY. Pas kembali ke Jakarta kami duga cuma kelelahan, istirahat satu dua hari di rumah, kemudian segar lagi. Tapi kami cek darah, ada penurunan darah yang signifikan," ungkap AHY.

"Ini janggal kata dokter, dicek lagi, dan hasilnya sama, bahkan ada yang lebih turun lagi. Ini menambah urgensi bagi kami untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Rekomendasi dari tim kepresidenan adalah National University Hospital," sambungnya.


AHY Ungkap Awal Mula Ani Yudhoyono Didiagnosa Kanker DarahPresiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemani istrinya, Ani Yudhoyono, yang dirawat di Singapura karena mengidap kanker darah. (Screenshot via Twitter/@AgusYudhoyono)

Saat mengetahui diagnosa dokter bahwa Ani menderita kanker darah, AHY mengatakan keluarga Presiden keenam RI tersebut seperti tersambar petir.

"Kami benar-benar rasanya seperti kesambar geledek, tanggal 7, keluarga manapun enggak ada yang siap. Keluarga kami tidak ada yang siap untuk menerima berita seberat itu. Ibu didiagnosa acute leukemia dan juga kanker darah," tutur pria yang ikut dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017 tersebut.

Selain itu, sambung AHY, karena belum ada bagian dari keluarga SBY itu yang mengalami sakit kanker, maka mereka pun kalut sebab bisa dibilang awam. Hal yang terberat, kata dia, saat harus mengabarkan diagnosa dokter tersebut kepada Ani Yudhoyono.

"Di saat yang bersamaan harus menyampaikan juga pada Ibu. Bagaimana menyampaikannya, berat sekali tentunya. Justru Ibu hanya keluar sedikit air mata. Ibu tabah dan kuat, justru seolah-olah merasa bersalah menyusahkan semuanya. Saya bilang ini adalah ujian, insya allah ada jalan keluarnya. Suasana sangat mengharukan," tutur AHY.

Serupa Ani, kata AHY, SBY pun disebutnya menerima takdir yang harus didapatkan ibunya tersebut.

Akibat sakit yang dideritanya tersebut, hingga saat ini Ani Yudhoyono masih dirawat di University Hospital Singapura. Sejumlah tokoh negara termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hingga capres nomor urut 02 Prabowo Subianto telah mendatangi rumah sakit itu untuk membesuk Ani Yudhoyono.

Oleh karena istrinya tengah dirawat akibat sakit kanker darah, SBY yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat pun menyatakan akan lebih fokus menjaga dan merawat perempuan yang dinikahinya pada 30 Juli 1976..


[Gambas:Video CNN] (kid/kid)