FOTO : Kerja Keras Selesaikan Target Lipat Surat Suara Pemilu

Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 18:08 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan orang menempati posnya masing-masing di GOR Pancoran untuk melipat surat suara khusus Dapil DKI Jakarta 2 untuk Pemilihan Legislatif di Pemilu 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memulai proses produksi surat suara yang akan digunakan untuk Pilpres dan Pileg 2019. Sejauh ini jumlah total surat suara yang diproduksi mencapai 939.879.651 lembar. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Setelah dicetak, proses selanjutnya adalah menyortir serta melipatnya sesuai lipatan surat suara. Salah satunya, puluhan orang yang membantu pelipatan surat suara untuk Pileg Dapil DKI Jakarta 2 yang dilakukan di GOR Pancoran, Jakarta Selatan, 22 Februari 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk proses pelipatan surat suara pemilu yang dilakukan di GOR Pancoran itu ditujukan khusus untuk Pileg Dapil 2 (Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan) 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tugas pertama para pekerja ialah menyortir surat suara antara surat suara yang cacat dan yang tidak cacat. Kecacatan surat suara dapat dilihat dari kebersihan surat suara dan ada atau tidaknya lubang di surat suara. (CNNIndonesia/SafirMakki)
Pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019 di GOR Pancoran ini dibantu 32 orang. Mereka diberi target dalam empat hari bisa melipat hingga 800 ribu surat suara. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk wilayah DKI Jakarta pelipatan surat suara serentak dilaksanakan mulai 18 Februari 2019 di setiap wilayah Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019 untuk wilayah Jakarta Selatan dibagi dua tempat yaitu di Kecamatan Cilandak dan Pancoran. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Proses pelipatan surat suara di sana diiikuti puluhan orang yang direkrut dari perusahaan-perusahaan percetakan. Mereka tampak menempati pos masing-masing dalam tugasnya dari yang menyortir, melipat, hingga menyusun surat suara yang sudah terlipat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Usai pelipatan surat suara Pilpres 2019 selesai dilanjutkan pelipatan surat suara pemilu DPR RI Dapil 2 yang ditargetkan selesai akhir Februari. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Setelah proses pelipatan surat suara untuk Pileg Dapil DKI Jakarta 2 itu selesai, maka dilanjutkan pelipatan surat suara untuk pemilu DPD. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Surat-surat suara yang telah dilipat lalu disusun serta dikemas kembali kemudian disimpan ke dalam tempat penyimpanan khusus yang disediakan KPU. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Di wilayah Dapil DKI Jakarta 2 setidaknya ada 1,7 juta lembar surat suara yang mesti terlipat. (CNNIndonesia/Safir Makki)