Warga Cileungsi ke Jokowi: Sekarang Kasih Mobil ya Pak?

CNN Indonesia | Sabtu, 23/02/2019 17:40 WIB
Warga Cileungsi ke Jokowi: Sekarang Kasih Mobil ya Pak? Jokowi ditodong warga soal sepeda saat beri bantuan program pemerintah. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Retno, warga Desa Pasir Angin, Cileungsi, Kabupaten Bogor Retno, mampu mencairkan suasana saat penyerahan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), di Gedung Laga Tangkas, Cibinong, Jumat (22/2) sore.

Retno salah satu dari tiga perempuan yang diminta maju ke podium oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan program sosial tersebut.

Retno berdiri di sisi paling kanan dari Jokowi. Ia mengenakan gamis coklat dipadu dengan kerudung berwarna sama. Sementara dua perempuan lainnya adalah Rohaya, warga Cibinong dan Uci, warga Babakan Madang. Rohaya berdiri di sisi kanan Jokowi, sementara Uci persis di sebelah kanan.


Rohaya yang lebih awal ditanya Jokowi seputar bantuan BPNT. Rohaya menyebut BPNT lebih baik dari program raskin. Bantuan BNPT berupa uang sejumlah Rp110 per bulan.


Usai Rohaya, Jokowi mengarahkan pertanyaan kepada Uci. Jokowi meminta Uci maju lantaran dia masih memiliki saldo sebesar Rp1,7 juta di kartu PKH.

Uci mengaku menyisihkan uang yang dirinya terima dari bantuan itu untuk ditabung. Jokowi lantas mengapresiasi perempuan yang mengenakan batik berwarna hijau dengan kerudung hitam.

Retno yang terakhir 'dicecar' Jokowi. Retno mengaku uang bantuan yang dirinya terima disisihkan untuk membuka warung kopi alias warkop. Saat Retno menyebut 'warkop', Jokowi sempat bingung.

"Warkop, warkop, warkop, warung kopi," ujar Jokowi yang disambut tawa tamu undangan.


Jokowi lantas menanyakan keuntungan dari warkop yang dibuka Retno. Retno hanya mengatakan bahwa mendapat keuntungan yang tak banyak. Jawaban Retno membuat mantan wali kota Solo itu 'kesal'.

"Enggak banyak, enggak minta ko," tutur Jokowi sambil tersenyum dan disambut tawa warga yang hadir.

Retno mengaku mendapat keuntungan Rp100 per hari. Jokowi pun mengapresiasi keuntungan tersebut karena bila dihitung selama sebulan Retno bisa memperoleh keuntungan Rp3 juta.

Jokowi pun menyudahi dialog dengan ketiga perempuan tersebut. Menurut mantan gubernur DKI Jakarta itu, biasanya warga yang maju ke panggung dirinya berikan sepeda.

Belum selesai Jokowi bicara, Retno menyela dengan mengatakan saat ini akan diberikan mobil.

"Sekarang dikasih mobil ya pak?" kata Retno. Warga yang hadir dalam penyerahan bantuan sosial tersebut langsung tertawa mendengar 'celetukan' itu.

Warga Cileungsi ke Jokowi: Sekarang Kasih Mobil ya Pak?Jokowi dilarang KPU bagi-bagi sepeda jelang pilpres. (Biro Pers Setpres/ Laily Rachev)

Jokowi tersenyum mendengar 'celetukan' Retno. Ia melanjutkan bahwa dirinya tak boleh memberikan sepeda lagi karena menjelang pemilihan presiden (Pilpres).

"Jadi saya beri, ini aja saya beri foto," ujarnya.

Jokowi pertama-tama menyerahkan foto tersebut kepada Uci. Kemudian ia memberikan foto dengan sampul berwarna hitam itu kepada Rohaya. Terakhir Jokowi menyerahkan fotonya kepada Retno.

Ketiga perempuan itu pun terlihat senang saat melihat foto mereka bersama Jokowi.

"Foto ini jangan dipikir murah, fotonya mahal. Ini ya, ditukar sepeda bisa dapat sepuluh. Bukan fotonya ini loh, tulisannya Istana Presiden Republik Indonesia, ini yang mahal," kata Jokowi berseloroh yang disambut riuh hadirin.

(fra)