BPN Prabowo Tantang Jokowi Beber HGU Milik Anggota Timsesnya

tst, CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 15:00 WIB
BPN Prabowo Tantang Jokowi Beber HGU Milik Anggota Timsesnya Presiden Jokowi ditantang berani membeberkan nama-nama anggota timsesnya yang punya lahan HGU. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Konsolidasi Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fuad Bawazier menantang balik calon presiden petahana, Joko Widodo soal pengembalian lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik Prabowo di Aceh dan Kalimantan.

Fuad menantang Jokowi untuk berani membuat daftar pemilik lahan HGU di timsesnya dan meminta mereka semua mengembalikan lahan tersebut.

"Sekarang kami tantang balik, list-kan semuanya. Jangan cuma Pak Prabowo saja. Semuanya (timses Jokowi) suruh di-list, jenderal-jenderal, konglomerat di sekitar dia," kata Fuad saat ditemui di Gedung AD Premier, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (25/2).


Lebih lanjut menurut Fuad, Prabowo akan dengan senang hati mengembalikan lahannya jika memang diperuntukkan kepada rakyat. Prabowo, lanjut Fuad, tak akan menahan-nahan jika memang lahan tersebut harus dikembalikan.

"Pak Prabowo akan nyerahin semua tanah," kata dia.

Fuad juga menilai Jokowi telah bersikap tidak adil terhadap Prabowo dengan mengungkit kepemilikan lahan milik di arena debat beberapa waktu lalu.

Kata Fuad, Prabowo telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membeli lahan tersebut.

"Kan, Pak Jokowi itu tidak fair, mengungkap tanahnya Pak Prabowo, padahal Pak Prabowo itu belinya mahal loh ya kata Pak JK (Jusuf Kalla) sampai ratusan juta dolar kan," katanya.

"Coba yang lain, belum tentu mau keluarin duit seperti Pak Prabowo beli kayak gitu," ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya menantang pihak yang ingin mengembalikan tanah konsesinya kepada negara untuk segera menyerahkan itu. 

Dia tak menyebut nama pemilik konsesi lahan itu. Tapi Jokowi menyatakan bakal menunggunya jika memang ada yang ingin mengembalikan.

Ucapan Jokowi itu lantas direspons oleh juru bicara BPN, Dahnil Anzar. Kata Dahnil, Prabowo Subianto akan sangat ikhlas mengembalikan lahannya jika negara membutuhkan.

Jokowi disebut Dahnil cukup membuat aturan hukumnya dan mendatangi Prabowo untuk meminta lahan itu.

"Pak Jokowi tinggal datang dan sampaikan kepada Pak Prabowo negara sangat membutuhkan," ujarnya Dahni di akun Twitter pribadinya, @Dahnilanzar.

[Gambas:Video CNN] (tst/wis)