Kunjungi Cilacap, Jokowi Dapat Bambu Sakti dari Warga

CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 15:52 WIB
Kunjungi Cilacap, Jokowi Dapat Bambu Sakti dari Warga Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Cilacap, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima bambu pethuk yang dipercaya sakti oleh seorang warga Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah saat melangsungkan kunjungan kerja ke daerah itu pada Senin (25/2). 

Pemberian Bambu Pethuk tersebut diungkap Jokowi saat menemui para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gedung Patra Graha, Cilacap.

Jokowi mengisahkan saat diberi bambu itu, ia tengah berada di dalam mobil dinasnya yang berpelat Indonesia dalam perjalanan dari Pasar Pelem Gading Limbangan menuju Gedung Patra Graha. Tiba-tiba, sambungnya, mobilnya dicegat seorang warga Cilacap. 

"Saya dicegat oleh masyarakat, kemudian saya buka pintu mobil, saya diberi ini. Saya tidak tahu ini apa, yang jelas yang saya tahu ini bambu," ujar Jokowi seraya menggenggam bambu tersebut. 

Tak lama berselang, Jokowi bilang, warga tersebut memberitahukan yang diberikan kepadanya itu adalah Bambu Pethuk. Dalam kepercayaan masyarakat sekitar Cilacap dan beberapa daerah di Pulau Jawa, Bambu Pethuk dianggap sebagai barang sakti karena mendatangkan hal baik, seperti penglaris ketika berdagang. 

Selain itu, Bambu Pethuk juga dipercaya bisa menarik simpati dari orang lain agar memberikan ketertarikan dan dukungan kepada yang memegang bambu sakti itu. 

"Ini Bambu Pethuk katanya namanya, karena ruas bertemu ruas, tapi yang pegang itu katanya biasanya sakti, yang pegang ini biasanya orang sakti, itu katanya tapi. Tapi pas yang pegang saya," kata Jokowi.

Tuturan pengalaman Jokowi itu pun ditanggapi heboh oleh para KPM PKH dan penerima BPNT di gedung itu.

"Wah iya Pak, Jokowi, Jokowi," teriak beberapa ibu-ibu yang hadir. 

Selanjutnya, usai menghadiri pertemuan dengan penerima PKH dan BPNT, Jokowi mampir ke sebuah tempat makan bernama d'pelataran di Jalan Brigjen Katamso, Kabupaten Cilacap. 

Usai menyantap makan siang, Jokowi berjalan ke luar tempat makan menuju mobil dinasnya. Seketika warga sekitar yang sudah menunggu di luar tempat makan itu heboh melihat calon presiden nomor urut 01 itu. 

"Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga menyerukan namanya. 

Tiba-tiba datang seorang ibu ke hadapan Jokowi dan memegang tangan kepala negara. Ibu bernama Watini itu tampak histeris berhadapan dan berbicara dengan Jokowi. 

"Saya dari pagi datang bawa singkong goreng, bacem tempe untuk Pak Jokowi, tapi tidak boleh dibawa masuk sama satpam," kata wanita 52 tahun itu.

"Saya doakan Pak Jokowi sukses selalu, jadi presiden sampai tiga kali," ujar warga asal Kelurahan Karangtarun, Kecamatan Cilacap Utara itu menambahkan
. 

"Ya, iya ibu, terima kasih," kata Jokowi.

Tak lama berselang, Jokowi kemudian kembali ke mobil dinasnya dan meneruskan perjalanan menuju kunjungan kerja selanjutnya, yaitu pembagian sertifikat tanah. Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke Cilacap dalam rangka meresmikan PLTU Cilacap Ekspansi 1 dengan kapasitas listrik 1x660 Megawatt (MW). 



(uli/kid)