FOTO: Apel Tiga Pilar untuk Amankan Jakarta Saat Pemilu 2019

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 27/02/2019 21:48 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemprov DKI Jakarta bersama TNI-Polri menggelar apel bersama untuk memastikan pelaksanaan pemilu dan pilpres 2019 di ibu kota RI dan sekitarnya itu kondusif.

Aparat gabungan dari Pemda DKI Jakarta, TNI dan Polri mengikuti Apel Tiga Pilar di Lapangan Silang Monas. Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Pemprov DKI bersama TNI dan Polri akan bahu membahu memastikan pelaksanaan dan pascapemilu 2019 sehingga tetap kondusif. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pada Apel tiga pilar, Gubernur DKI Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan kendaraan Dinas Operasional dan Surat Tugas Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) kepada Satpol PP DKI Jakarta guna mendukung pengamanan Pemilu 2019.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan suasana di Jakarta dalam rangka pemilu 2019 akan memengaruhi suasana di seluruh Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Meskipun ada jajaran Pemprov DKI, TNI, dan Polri, Anies Baswedan menegaskan kondusifitas wilayah Jakarta dalam rangka pemilu 2019 pun membutuhkan kontribusi seluruh masyarakat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerangkan salah satu kontribusi masyarkat untuk menjaga situasi kamtibmas adalah melaporkan kepada aparat bila menyaksikan hal-hal berpotensi mengganggu keamanan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Setidaknya sebanyak 1.500 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemprov DKI ikut dalam apel tiga pilar yang berlangsung di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Apel tiga pilar yang diikuti jajaran Pemprov DKI Jakarta, TNI, dan Polri se-wilayah Garnisun Tetap I/Jakarta itu dilaksanakan mulai pukul 07.20 WIB. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Komandan Staf Garnisun Tetap (KAS Gartap) I/ Jakarta Brigjen TNI Herianto Syahputra menyatakan tidak ada operasi khusus yang dilakukan TNI untuk pemilu 2019. TNI hanya memiliki program yaitu melakukan tugas penegakan disiplin untuk para prajurit TNI.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam Apel Tiga Pilar, TNI melibatkan tiga matra (darat, laut, udara). Sementara itu dari Polda Metro Jaya diikuti Brimob, dan Pemprov DKI melibatkan personel Dishub dan Satpol PP. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)