Bahar bin Smith Siap Disidang, Polisi Siagakan 1.321 Personel

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 07:56 WIB
Bahar bin Smith Siap Disidang, Polisi Siagakan 1.321 Personel Bahar bin Smith. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengacara kasus dugaan penganiayaan dengan tersangka Bahar bin Smith, Azis Yanuar mengatakan kliennya siap menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (28/2).

"Kondisi Habib Bahar sehat, dan sidang ini memang ditunggu-tunggu oleh Habib," kata Azis saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Bahar bin Smith akan menjalani sidang perdana bersama Agil Yahya, M Abdul Basith terkait dugaan penganiayaan.
Bahar ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jabar dalam kasus dugaan penganiayaan dua remaja MHU (17) dan ABJ (18). Polisi menjerat Bahar bin Smith dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.


Kasus dugaan penganiayaan ini terjadi di Kabupaten Bogor. Namun, Kejaksaan Negeri Cibinong kemudian melayangkan surat ke Mahkamah Agung memohon agar sidang digelar di PN Bandung.

Azis mengatakan, sejak awal kasus ini, kliennya memang meminta agar sidang segera dilakukan, sebab itu, kliennya menerima untuk disidangkan di Bandung.

"Kami sudah mengajukan eksepsi agar sidang digelar di Cibinong, tapi kami urungkan, pertimbangannya biar proses hukum cepat," katanya.

Kata Azis, sejak awal kasus yang menjerat kliennya penuh dengan aroma politik. "Kasus-kasus yang kontra rezim diproses, sementara kasus-kasus seperti Abu Janda, Ade Armando, Sukmawati Soekarnoputri tak diproses," katanya.

Menurut Azis, setiap orang yang kontra rezim dibidik, padahal, menurutnya, setiap orang memiliki persamaan di depan hukum.
Sementara itu, polisi akan menyiagakan 1.321 personel untuk mengawal jalannya sidang perdana Bahar bin Smith.

"Kurang lebih akan ada 1.321 personel yang dilibatkan dari Polrestabes Bandung dan bantuan dari jajaran Polda Jabar, termasuk kita ikutkan dari TNI," kata Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Irman Sugema, di Mapolrestabes Bandung Jalan Jawa Kota Bandung, seperti dikutip Antara.

Polisi, rencananya akan melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup saat proses persidangan berlangsung.

"Kami berharap proses sidang besok tidak akan terlalu lama," kata dia.
Terkait informasi massa Front Pembela Islam (FPI) dari sejumlah daerah yang akan turun aksi saat sidang perdana berlangsung, Irman berharap massa bisa menghormati proses sidang dengan tertib.

"Sampai saat ini kita lakukan kordinasi dengan pihak pihak yang mungkin besok akan turun, diharapkan mereka memahami bahwa proses sidang ini harus di hormati oleh semua pihak sehingga proses ini tidak menimbulkan permasalahan baru," kata Irman.

Sidang Bahar akan dipimpin langsung oleh ketua PN Bandung, Edison Muhamad.
(ugo/ugo)


BACA JUGA