4 Jalur Rekayasa Lalu Lintas saat Aksi Apel Siaga Umat di KPU

CNN Indonesia | Jumat, 01/03/2019 11:25 WIB
4 Jalur Rekayasa Lalu Lintas saat Aksi Apel Siaga Umat di KPU Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyiapkan rekayasa arus lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan selama berlangsungnya aksi Apel Siaga Umat di depan Kantor KPU, Jumat (1/3).

"Kita siapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi," kata Kasubag Min Bag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jamal Aman saat dikonfirmasi, Jumat (1/3).

Ada empat rekayasa lalu lintas yang disiapkan, yakni:
- Kendaraan dari arah Bundaran HI yang menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan
- Kendaraan dari arah Jalan H Agus Salim yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok kanan ke Jalan arah Bundaran HI
- Kendaraan dari arah Jalan Rasuna Said yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok kanan ke Jalan Diponegoro
- Kendaraan dari Jalan Diponegoro menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan Rasuna Said maupun ke Jalan Cokroaminoto


Jamal menuturkan pihaknya mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan untuk memperhatikan rekayasa lalin yang telah disiapkan. Selain itu, juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan.

Polda Metro Jaya menerjunkan 4000 personel gabungan untuk mengamankan jalannya Aksi Apel Siaga Umat tersebut.

Apel Siaga Umat diinisiasi FUI. Sekjen FUI Gatot Saptono alias Al Khaththath mengklaim aksi itu akan diikuti 20 ribu orang.

Rencananya, aksi akan digelar pukul 13.00 WIB. Poster undangan aksi sudah disebar. Poster itu bertuliskan pesan "Putihkan KPU, Putihkan Hati Menuju Pemilu Bersih". Poster dilengkapi foto Rizieq Shihab mengacungkan tangan kanan.


Al Khaththath menyebut FUI akan meminta kepada KPU selaku penyelenggara pemilu agar benar-benar netral. Aksi ini merupakan hasil sarasehan FUI beberapa waktu lalu.

"Kami bertekad menyerukan kepada para penyelenggara pemilu dan aparatur negara untuk bersungguh-sungguh menyelenggarakan pemilu yang bersih, jurdil, tanpa kecurangan sehingga pemilu bersih dan berkah," kata Al Khaththath, Senin (25/2).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan massa aksi Apel Siaga Umat FUI akan bergerak dari empat titik kumpul di Jakarta menuju Gedung KPU.

Titik-titik itu antara lain Masjid Sunda Kelapa, Masjid Cut Mutia, Al Hakim, dan kawasan Kuningan.

"Massa berkumpul di sana kemudian ke Gedung KPU," ujar Argo Yuwono di Jakarta.

Argo mengatakan kepolisian telah mengerahkan 4.000 personel untuk mengawal aksi tersebut. Dia menjamin pengamanan telah siaga untuk memastikan aksi berjalan tertib dan lancar. (dis/wis)