Gerindra-PKS Resmi Serahkan Nama Cawagub ke Anies Baswedan

CNN Indonesia | Jumat, 01/03/2019 17:38 WIB
Gerindra-PKS Resmi Serahkan Nama Cawagub ke Anies Baswedan PKS dan Gerindra serahkan dua nama cawagub DKI pengganti Sandiaga Uno ke Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya menyerahkan nama calon wakil gubernur dari PKS kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dua nama itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah DKI Saefullah.

"Pemberkasan sudah selesai semua, Alhamdulillah, dan sudah diterima Sekda Pak Saefullah," kata Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dalam keterangan tertukusnya yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (1/3).


Anies tak langsung menerima surat lantaran sedang berada di Singapura untuk menjenguk istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyoni, Ani Yudhoyono. Namun dipastikan Syakir bahwa Sekda sah secara hukum mewakili Anies ketika Gubernur sedang tidak berada di tempat.


Dua nama yang disepakati dan diajukan PKS-Gerindra ke DKI ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Dua nama ini bakal diproses dan diserahkan ke DPRD DKI.

Gerindra-PKS Resmi Serahkan Nama Cawagub ke Anies BaswedanDua kandidat cawagub dari PKS Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto akan dibahas di DPRD DKI. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Disadari Syakir bahwa proses pemilihan wagub masih panjang. Karena itu Syakir meminta dukungan masyarakat dalam rangka percepatan proses dua nama tersebut.

"Kami memohon doa dan dukungan seluruh warga Jakarta, semoga Allah memudahkan proses-proses berikutnya hingga pelantikan dan pelaksanaan tugas wakil gubernur definitif ke depannya," tutur Syakir.

Syaikhu dan Agung sudah melalui uji tes kelayakan yang dilakukan oleh PKS dan Gerindra. Nasib keduanya akan ditentukan di rapat paripurna yang dilakukan di DPRD DKI.



(ctr/DAL)