Budiman Sudjatmiko soal Andi Arief: Kamu Sudah Memilih Jalan

CNN Indonesia
Senin, 04 Mar 2019 21:13 WIB
Budiman mengenang masa pertemanannya dengan Andi Arief, 25 tahun silam saat masih mengenyam pendidikan di UGM Yogyakarta. Budiman Sudjatmiko. (CNNIndonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko angkat bicara tentang penangkapan Wasekjen Demokrat Andi Arief melalui akun twitter-nya @budimansudjatmiko, Senin (4/3).

Budiman dan Andi Arief adalah mantan kader Partai Rakyat Demokratik (PRD) pertengahan 1990-an. Keduanya juga menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Andi Arief ditangkap polisi terkait kasus narkoba di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (3/3).
Budiman mengaku sedih mendengar kabar penangkapan Andi.


" Apa sih nikmatnya narkoba, ndi? Bukankah lebih nikmat berdiskusi ide-ide besar buah pikir orang-orang besar, dan kita sendiri," tulis Budiman.

"Serta mewujudkannya dalam masyarakat? Kamu sudah memilih jalanmu dengan memilih jenis teman macam apa di sekitarmu. Sedih dan moga-moga tuduhan itu tidak benar," lanjut Budiman.

Budiman mengenang masa kebersamaan dengan Andi, 25 tahun silam.

"Kita berdebat di kost-kostan di Sendowo UGM, saat kita merencanakan banyak hal besar untuk Indonesia kan? Aku berusaha tetap di jalanku, tapi kamu memilih teman-teman yang tak pernah bertaruh nyawa bersamamu. Mereka datang saat nikmat," katanya.
Jalan yang mereka lalui dulu, menurut Budiman adalah jalan pedang yang hanya layak dimahkotai kemenangan atau kekalahan karena keyakinan.

"Bukan oleh kekalahan karena kekonyolan. Bahkan juga tak pantas dimahkotai kemenangan karena kebetulan-kebetulan, Ndi. Kita tidak secengeng itu," katanya.

"Kita ditakdirkan untuk gugur saat datangnya musim gugur nantinya. Bukan menusuk-nusukan duri sendiri ke mawarnya saat masih musim semi," kata Budiman.

Sejauh ini polisi menduga Andi Arief hanya pengguna narkoba. Saat penangkapan tak ditemukan barang bukti sabu, namun hasil tes urine membuktikan Andi positif menggunakan sabu. 

[Gambas:Video CNN] (ugo/sur)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER