Anies Ucapkan Terima Kasih KIP 'Jokowi' Dijalankan di Jakarta

CNN Indonesia | Rabu, 06/03/2019 18:37 WIB
Anies Ucapkan Terima Kasih KIP 'Jokowi' Dijalankan di Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang digagas Presiden Joko Widodo bisa diterapkan untuk siswa-siswi di wilayah Ibu Kota. Anies menyebut program tersebut juga dirasakan di seluruh Indonesia.

"Izinkan kami atas nama masyarakat Jakarta khususnya yang memiliki kondisi ekonomi yang masih menantang mengucapkan terima kasih atas program KIP yang bisa dijalankan di Jakarta," kata Anies di hadapan Presiden Joko Widodo dalam sambutan penyerahan KIP di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Anies mengatakan program bantuan KIP sempat tak bisa disalurkan kepada para siswa yang juga telah menerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Ibu Kota.


Hambatan itu disebabkan oleh Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 174 Tahun 2015 tentang Bantuan Biaya Personal Pendidikan Bagi Peserta Didik Dari Keluarga Tidak Mampu Melalui Kartu Jakarta Pintar. Namun, kata Anies, mulai tahun lalu para penerima KJP sudah bisa kembali menerima bantuan KIP.

Menurut Anies, hal tersebut bisa dilakukan setelah pihaknya mengeluarkan Pergub Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kartu Jakarta Pintar Plus.

"Sekarang penerima KJP Plus juga bisa menerima KIP," kata Anies disambut tepuk tangan. "Dengan begitu Banyak masyarakat di Jakarta yang bisa merasakan program nasional," ujarnya menambahkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Jokowi itu berharap dengan sumber-sumber bantuan tersebut para siswa, baik yang duduk di bangku SD, SMP, SMA maupun SMK, bisa menuntaskan dan mendapat pendidikan yang berkualitas.

"Dan menjadi anak-anak yang memiliki masa depan cerah," kata Anies.

Anies hari ini mendampingi Presiden Jokowi menyerahkan KIP kepada 3.300 siswa di Jakarta Selatan, yang duduk di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Jokowi memberikan secara simbolik kepada perwakilan 10 siswa, di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Cilandak. Presiden juga turut memperkenalkan KIP Kuliah, salah satu program baru calon presiden petahana 01 itu bila terpilih kembali menjadi presiden pada periode kedua.

[Gambas:Video CNN] (fra/wis)