Jokowi ke Palembang, Jembatan Ampera Ditutup 5 Jam

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 22:11 WIB
Jokowi ke Palembang, Jembatan Ampera Ditutup 5 Jam Presiden Jokowi saat meresmikan salah satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung, Jumat (8/3). (Dok. Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Palembang, CNN Indonesia -- Joko Widodo akan menghadiri sejumlah agenda di tiga daerah di Sumatera Selatan, baik sebagai Presiden RI maupun sebagai calon presiden, pada Sabtu (9/3) esok.

Agenda pertama Jokowi akan menghadiri 'Deklarasi Milenial Road Safety Festival' dengan rencana membentangkan kain jumputan sepanjang Jembatan Ampera. Dengan digunakannya jembatan ikonik yang menghubungkan dua sisi kota Palembang tersebut, kepolisian akan menutup lalu lintas di atas Jembatan Ampera selama 5 jam.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Komisaris Besar Dwie Asmoro mengatakan penutupan lalu lintas di Jembatan Ampera akan dilakukan pada pukul 06.00-11.00. Selama Jembatan Ampera ditutup, arus kendaraan akan dialihkan ke Jembatan Musi II dan Musi IV.


"250 personel dari jajaran Ditlantas diturunkan untuk melakukan pengamanan arus lalu lintas dalam acara tersebut. Antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, masyarakat pun disarankan untuk mengambil jalan alternatif, baik ke Musi II maupun Musi IV," ujar dia, Jumat (8/3).

Selanjutnya, Jokowi akan bertandang ke Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin untuk berdialog dengan 2.000 petani karet. Lalu Presiden RI ke-7 ini akan bertolak ke Lubuklinggau untuk meresmikan Bandara Silampari.

Sementara itu, Komandan Resor Militer (Korem) 044/Gapo Kolonel ARH Sonny Septiono mengatakan ribuan personel TNI diturunkan untuk mengamankan kedatangan Jokowi.

"Harapannya, para prajurit TNI, Polri dan personel instansi terkait dalam pengamanan ini dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya dan profesional," kata dia.

Jokowi tiba di Palembang malam ini, sekitar pukul 18.55 WIB. Tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Setiba di bandara, Jokowi disambut oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan istri, Febrita Lustia. Rombongan Kepresidenan kemudian meninggalkan bandara menuju Rumah Makan Sarinande yang terletak di Jalan Mayor Ruslan.

Usai santap malam, Jokowi bertolak ke Graha Pena, kantor Sumatera Ekspress, surat kabar harian lokal terbesar di Palembang. Surat kabar tersebut merupakan bagian dari media grup Jawa Pos dan didirikan sejak 1962.

Kemudian, Jokowi juga 'melipir' ke Graha Tribun, kantor surat kabar harian Tribun Sumsel yang merupakan bagian dari grup media Tribun Network. Tetapi Jokowi enggan membagi hasil diskusinya dengan para jajaran redaksi kedua media lokal di Kota Palembang itu. (idz/wis)