Jokowi: Hasil Survei di Jabar Sudah Menang, Tapi Tipis Banget

CNN Indonesia | Minggu, 10/03/2019 15:06 WIB
Jokowi: Hasil Survei di Jabar Sudah Menang, Tapi Tipis Banget Jokowi optimistis bisa membalikkan keadaan di Jawa Barat setelah pada Pilpres 2014 lalu dikalahkan Prabowo di Tanah Pasundan. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hasil survei internal dirinya bersama Ma'ruf Amin sudah unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di wilayah Jawa Barat. Namun Jokowi mengakui keunggulan atas pasangan Prabowo-Sandi masih sangat tipis.

Hal tersebut disampaikan Jokowi kepada para Relawan Balad Jokowi dalam acara Parahyangan Bersatu, di Vila Istana Bunga, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (10/3).

"Kalau kita lihat, hasil survei sekarang itu sudah lewat. Alhamdulillah sudah menang tapi tipis banget. Tugas kita semuanya agar itu jadi kemenangan yang tebel banget," kata Jokowi disambut riuh para relawan.


Jokowi tak menjelaskan secara rinci hasil survei internal yang dia singgung. Hal itu disampaikan Jokowi untuk merespons hasil sejumlah lembaga survei yang belakangan masih mengunggulkan Prabowo di Jawa Barat.

Jokowi menyadari pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dirinya kalah di Jabar. Saat itu, kata calon presiden nomor 01 pihaknya hanya memperoleh 40,22 persen suara, sementara pihak lawan Prabowo-Hatta mendapat 59,78 persen suara.

Namun Jokowi optimistis pihaknya bisa menang di Tanah Pasundan pada Pilpres 2019. "Saya yakin di 17 April kita akan memenangkan Provinsi Jawa Barat, atas izin Allah," ujarnya yang mengenakan ikat kepala has Sunda warna hitam.

Ajak Relawan Lawan Hoaks

Jokowi lebih lanjut mengajak para relawan untuk berani melawan hoaks alias kabar bohong serta fitnah yang disebarkan kepada masyarakat. Menurutnya, hoaks dan fitnah saat ini tak hanya disebar lewat media sosial, tetapi juga dari pintu ke pintu.

"Jangan sampai, coba dilihat di media sosial isinya hoaks, tidak hanya di dunia maya, sekarang dari pintu ke ppintu" kata Jokowi.

Jokowi meminta para relawannya untuk cepat menangkis hoaks dan fitnah dengan cepat. Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada relawan tak takut melawan hoaks dan fitnah yang terus disebarkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

"Jangan takut lawan yang namanya hoaks, kabar fitnah, kabar bohong, harus kita lawan. Kalau tidak kita lawan dipikir kita takut. Harus dijelaskan dengan fakta-fakta, harus dijelaskan dengan data data," ujarnya.



(fra/gil)