Jokowi ke Milenial: Unicorn yang Online-online Itu

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 01:01 WIB
Jokowi ke Milenial: Unicorn yang <i>Online-online</i> Itu Presiden RI Joko Widodo ikut dalam kontestasi Pilpres 2019 sebagai petahana yang mendapatkan nomor urut capres 01. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden Nomor nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung isu debat kandidat presiden mengenai usaha pemula atau rintisan (start up) yang menyabet status Unicorn. Namun kali ini, Jokowi mengartikan kata unicorn persis yang diucapkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat debat capres pada 17 Februari 2019.

"Jadi apa yang ingin kita sampaikan, banyak sekali peluang yang dilakukan anak muda kita untuk berusaha. Ingat di 10 negara Asia sudah ada 4 Unicorn yang ada di Indonesia," jelas Jokowi dalam Festival Satu Indonesia yang dihadiri para milenial di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3).

"Sebentar lagi lagi akan bertambah. Tahu kan unicorn?" lanjut Jokowi sambil tersenyum.


Penonton yang hadir sontak riuh. Mereka berteriak menyahut tahu menjawab pertanyaan Jokowi. Tak sedikit dari mereka yang tertawa dan bertepuk tangan mendengar pertanyaan itu.

"Unicorn itu adalah yang online-online itu..," lanjut Jokowi sambil tertawa.

Hadirin kembali terkekeh mendengar ucapan Jokowi. Banyak pula dari mereka yang terlihat mengacungkan jempol kepada orang nomor satu di Indonesia itu saat ini.


Tak lama, Jokowi pun menjelaskan maksudnya menyinggung unicorn. Dia mengungkapkan bahwa tak hanya perusahaan yang berstatus unicorn yang perlu diperhatikan. Melainkan banyak usaha kecil di daerah yang perlu mendapat bantuan dari pemerintah.

"Semakin ke lapangan saya mengetahui perlu ekosistem online dan offline. Banyak yang belum dibenahi di offline. Itu tugas saudara yang perlu dibenahi. Banyak produk yang unggul, tapi brand packaging belum diberi labeling yang baik," jelas Jokowi.

Karena itu, Jokowi mengajak agar semua masyarakat juga melihat kepada usaha yang dilakukan di daerah. Usaha  itu dipasarkan dengan baik agar memiliki kesempatan memasuki pasar online seperti unicorn.

"Jadi, jangan senang yang online-online itu saja. Sehingga kalau nanti sambung, ekosistem offline packaging label kemasan diperbaiki, branding diperbaiki, sambungkan dengan ekosistem online. Sambungan ini akan memunculkan gerakan ekonomi Indonesia," tegas Jokowi.

Istilah unicorn sempat ramai usai debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Saat dalam debat capres itu, Prabowo merespons pertanyaan Jokowi seraya mendeskripsikan Unicorn dengan jawaban 'yang online online itu'.

Unicorn merupakan istilah yang sangat familiar di dunia perusahaan rintisan atau start up. Istilah unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar.


[Gambas:Video CNN]

(ctr/kid)