Bandar Besar Jaringan Narkoba Zul Zilvia Diburu Polisi

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 14:02 WIB
Bandar Besar Jaringan Narkoba Zul Zilvia Diburu Polisi Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Marselinus Gual).
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi mengklaim telah mengantongi identitas bandar besar dalam jaringan peredaran narkoba yang melibatkan vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul 'Zivilia'. Dalam kasus tersebut, diketahui Zul sendiri berperan sebagai seorang pengedar.

"DPO atas kasus Zul ini berinisial C," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Senin (11/3).

Argo menuturkan pihaknya juga telah mengetahui di mana keberadaan C saat ini. Namun, ia enggan membeberkannya.


Argo hanya menyampaikan bahwa bandar berinisial C tersebut saat ini berada di Indonesia dan tengah dilakukan pengejaran oleh pihak kepolisian.

"Anggota sudah mengidentifikasi keberadaannya, intinya (keberadaan C) di salah satu kota di Indonesia," ujarnya.

Dalam kasus tersebut, diketahui polisi menetapkan sembilan tersangka, salah satunya adalah Zulkifli alias Zul yang merupakan vokalis band Zivilia.

Selain menetapkan sembilan tersangka, polisi juga turut menyita barang bukti berupa 56 ribu butir esktasi dan 50,6 kilogram sabu.

Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mendalami dari mana asal sabu dan ekstasi yang diedarkan oleh jaringan tersebut.

Namun, dikatakan Suwondo, melihat karakteristik barang bukti yang diamankan, ada kemungkinan barang haram tersebut berasal dari luar negeri.

"Dengan pengalaman kita, kita tangkap ini kemasan dari sananya, jenis barang barang ini dia ambil dari Sumatra, potensi dari luar negeri," ucap Suwondo, Jumat (8/3).

Zul sendiri dalam pengakuannya menyebut bahwa alasan dirinya menjadi seorang pengedar dikarenakan utang budi kepada tersangka lain bernama Rian.

"(Alasan) ekonomi, dia punya utang budi sama Rian," ucap Suwondo. (dis/osc)