Alfito Deannova, Moderator Debat Cawapres yang Mantan Akuntan

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 12:40 WIB
Alfito Deannova, Moderator Debat Cawapres yang Mantan Akuntan Alfito Deannova Gintings. (CNN Indonesia/Aey)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dua tim sukses pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 menetapkan jurnalis televisi Alfito Deannova Gintings untuk memandu jalannya debat calon wakil presiden (cawapres), Minggu (17/3) malam. Alfito akan didampingi presenter yang juga dari CNN Indonesia TV, Putri Ayuningtyas.

Debat yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta akan mempertemukan cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Tak ada persiapan khusus. Kami hanya pelajari rundown debat yang sudah diberikan," kata Alfito, Jumat (15/3).


Bagi Alfito, ini bukan kali pertama naik panggung sebagai moderator debat antarkandidat di ajang pemilu. Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta, 17 September 1976 itu pernah dipercaya menjadi moderator untuk debat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, 2017 silam.

Karier pria lulusan Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi ini berawal ketika menjajal profesi sebagai akuntan di salah satu perusahaan swasta. Namun karena ketidakcocokan dengan disiplin ilmu yang didapatnya, ia memilih keluar dan mencoba dunia jurnalistik profesional.


Dunia penyiaran pernah dilakoninya pada 1996 saat masih tercatat sebagai mahasiswa di UI. Alfito menjadi penyiar radio Suara Kejayaan sampai tahun 1999.

Awal karier di dunia pertelevisian didapat Alfito saat bergabung untuk program Liputan 6 Petang di SCTV sebagai wartawan magang. Kemudian, selama 4 tahun berkarier, Alfito mendapatkan kepercayaan untuk menggawangi sejumlah acara sebagai produser di program Liputan 6 Petang, dari Titik Nadir untuk korban Tsunami Aceh dan program khusus Pilpres 2004, 'Selangkah ke Istana'.

Empat tahun merajut karier di SCTV, Alfito kemudian bergabung bersama tvOne pada 2007. Alfito menjadi 'bidan' lahirnya News and Current Affairs di TV One. Di media yang beralamat di Pulogadung, Jakarta Timur itu, Alfto sempat memandu program Kabar Sepekan serta talkshow Debat dan Janji Wakil Rakyat.

Alfito Deannova, Pengagum Politik Sejak Kelas 4 SD (HOLD)Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Pada 2015 Alfito Deannova Gintings mulai bergabung dengan CNN Indonesia TV. Saat ini Alfito tercatat sebagai Pemimpin Redaksi sekaligus Direktur Konten portal berita Detik.com.

Sederet penghargaan tak luput sepanjang karier jurnalistiknya. Pada Februari 2010, Alfito menyabet penghargaan dari perhimpunan Jurnalis Indonesia sebagai Jurnalis Televisi Terdepan dalam penyampaian isu-isu antikorupsi dan edukasi demokrasi. Selain itu, Alfito sempat membuat buku yang berjudul Selebriti Mendadak Politisi.

Menggeluti Dunia Politik Sejak Kecil
Sejak kelas 4 SD, Alfito sudah senang dengan dunia politik. Ketika anak-anak kecil lain lebih menyukai membaca komik Tintin, Alfito meminta ayahnya untuk membelikan buku G 30S/PKI.

Waktu kecil Alfito bercita-cita sebagai tentara. Namun, ketika dewasa cita-cita itu terhalang karena Alfito menggunakan kacamata.

Alfito Deannova juga pernah menjadi pengajar di berbagai Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi yang pernah diajar seperti Universitas Paramadina, dan Universitas Al Azhar Indonesia. Saat ini dirinya masih tercatat sebagai dosen di Universitas Pancasila.

(sas/ain)