Putri Ayuningtyas, dari Debat Pilgub Jateng ke Debat Cawapres

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 13:12 WIB
Putri Ayuningtyas, dari Debat Pilgub Jateng ke Debat Cawapres Putri Ayuningtyas. (CNN Indonesia/Aey)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presenter CNN Indonesia TV Putri Ayuningtyas memahami ada sedikit perbedaan antara jalannya debat kedua, sebulan lalu, dengan gelaran debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar, Minggu (17/3) malam nanti. Menurut dia, penambahan durasi waktu dan penyertaan pertanyaan tertutup oleh masing-masing cawapres menjadi salah satu faktor pembeda.

Putri akan memandu jalannya debat yang bakal digelar di Hotel Sultan, Minggu (17/3) malam nanti. Putri akan didampingi oleh rekan sesama jurnalisnya yang berasal dari CNN Indonesia TV, Alfito Deannova Gintings.

Debat cawapres bakal mempertemukan calon nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan calon wakil presiden No urut 02 Sandiaga Uno.


"Semoga lancar ya. Persiapannya tentu sesuai arahan KPU. Kita berusaha semaksimal mungkin tidak mencecar, dan memilih kalimat-kalimat yang memang menghindari nuansa intimidasi seperti layaknya program acara politik," kata Putri, Jumat (15/3).


KPU, kata dia, telah memberikan 'rambu-rambu' yang jelas bagaimana peran moderator memoderasi jalannya debat. Terpenting dari keseluruhan debat, kata dia, yakni agar pesan serta visi misi yang disampaikan para calon dapat tersampaikan dengan baik ke para pemilih.

Bagi Putri, ini bukan kali pertama dirinya memandu debat antarkandidat di pemilu. Sebelumnya, pada April 2018 ia dipercaya menjadi moderator debat Pemilihan Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang, berduet dengan presenter iNews TV Tommy Tjokro.


Berbeda dari Alfito, Putri memulai karier kewartawanannya sebagai jurnalis cetak di Media Indonesia pada pertengahan 2007. Enam bulan berselang, dia diterima sebagai salah satu jurnalis di stasiun televisi berita Metro TV pada 2008. Setahun menapak karier sebagai jurnalis, Putri kemudian menjadi news anchor atau pembawa berita di Metro TV pada 2009.

Perempuan lulusan sarjana teknik industri Universitas Atmajaya Yogyakarta 2007 itu mengaku cukup berjuang beradaptasi di dunia jurnalistik karena disiplin ilmu yang didapat tak sesuai profesi yang dilakoni. Namun demikian, dunia televisi bukan hal baru bagi dia. Semasa kuliah, Putri bekerja sambilan sebagai penyiar di Jogja TV.

"Ya cukuplah untuk kita memahami bagaimana dunia kewartawanan," ujar perempuan yang memiliki hobi membaca dan memasak ini.

Menyelami dunia jurnalistik televisi, karier perempuan kelahiran 21 September 1986 di Metro TV pun terus menanjak. Ia sempat membawakan proram Wide Shot pada 2012 menggantikan Lucia Saharui. Kemudian ia juga pernah membawakan program Metro Hari ini, Top News, Metro Highlights dan Metro This Week.


Pada Agustus 2015 ia menanggalkan seragam Metro TV dan bergabung bersama televisi yang dimiliki Chairul Tanjung, yakni CNN Indonesia TV. Putri bergabung dengan CNN Indonesia TV dalam periode yang sama dengan kepindahan rekannya Desi Anwar, Eva Julianti, Yunizar, Frida Lidwina, Prabu Revolusi dan Indra Maulana. Saat ini, ia membawakan program CNN Indonesia Live dan CNN Indonesia News Report.

Berusaha berbagi untuk sesama menjadi prinsip hidup ibu satu anak ini. Di sela aktivitasnya sebagai pelaku penyiaran televisi, Putri bersama rekan-rekannya mendirikan Yayasan Anak Masa Depan Indonesia (AMDI). Yayasan yang didirikannya sejak tiga tahun lalu bergerak di program donasi dunia pendidikan. 

"Alhamdulillah bisa membantu, mungkin enggak banyak. Tapi kemarin kita bisa membantu penambahan ruang kelas untuk salah satu kampung di NTT," ujar dia.

Di sela aktivitas Yayasan kemanusiaannya, Putri juga ikut ambil bagian mendirikan sekolah public speaking, Sepikul Indonesia, yang digagasnya bersama sejumlah news anchor lintas-media.

Debat Pilpres ketiga akan digelar pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Debat ini akan membawakan tema yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

(sas/ain)