Blusukan ke Pasar Pangkalpinang, Jokowi Cek Harga dan Selfie

CNN Indonesia | Kamis, 14/03/2019 14:25 WIB
Blusukan ke Pasar Pangkalpinang, Jokowi Cek Harga dan Selfie Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Pagi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/3). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menyambangi Pasar Pagi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/3). Ia 'blusukan' ke pasar ditemani Ibu Negara Iriana.

Keduanya bersama rombongan tiba di Pasar Pagi sekitar pukul 12.17 WIB. Jokowi menyempatkan mampir ke pasar di sela-sela kunjungan kerja di Bangka Belitung.

Jokowi dan Iriana yang kompak mengenakan pakaian warna putih itu langsung berjalan masuk ke dalam pasar.

Mereka berdua langsung mendapat sambutan riuh para pedagang maupun pengunjung pasar. Terdengar teriakan dari pedagang dan pengunjung mengeluhkan nama Jokowi. "Hidup Pak Jokowi, Hidup Pak Jokowi," teriak pedagang dan pengunjung pasar.

Jokowi maupun Iriana menyapa masyarakat yang berdiri di sisi kanan dan kiri jalan mereka. Jokowi pun tak sungkan meladeni permintaan foto dari warga yang menjulurkan gawai masing-masing.

Blusukan ke Pasar Pangkalpinang, Jokowi dan Iriana Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Mantan Wali Kota Solo itu terus berjalan masuk ke dalam pasar. Jokowi langsung menyalami para pedagang yang berdiri di masing-masing lapaknya. Di dalam pasar, Jokowi menyambut permintaan foto dari masyarakat.

Bahkan, beberapa kali Jokowi yang memegang sendiri ponsel milik warga yang meminta berfoto bersama. Terlihat Jokowi mengotak-atik telepon genggam seorang warga sebelum memencet tombol kamera.

Calon presiden petahana itu juga terlihat membeli sejumlah sayur-sayuran hingga terasi. Jokowi tampak membeli terasi sebanyak satu kilo dengan harga Rp100 ribu. Namun, Jokowi menyerahkan uang kepada penjual terasi Rp150 ribu.

"Beli terasi, sama bayam, sama kangkung, sama ubi," kata Jokowi usai berkeliling di Pasar Pagi, Pangkalpinang.

Jokowi mengaku kedatangan dirinya ke salah satu pasar di Pangkalpinang itu untuk mengecek harga sejumlah bahan pokok. Namun, dia mengaku datang terlalu siang sehingga sudah banyak penjual yang menutup dagangannya.

"Penjual sudah sepi. Mungkin pagi ya, ya namanya Pasar Pagi. Kami datangnya siang," ujar dia.

Ibu negara Iriana Joko Widodo.Ibu negara Iriana Joko Widodo. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jokowi mengatakan Pasar Pagi merupakan salah satu pasar rakyat yang nantinya akan direnovasi. Ia juga meminta para pedagang memperhatikan kebersihan pasar. Salah satunya, kata Jokowi masalah drainase harus diperbaiki.

"Ya menurut saya cukup baik, drainase perlu diperbaikan terus," katanya.

[Gambas:Video CNN]


(fra/arh)