Prabowo Apresiasi KPU: Kita Hasilkan Demokrasi yang Sejuk

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 01:40 WIB
Prabowo Apresiasi KPU: Kita Hasilkan Demokrasi yang Sejuk Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto apresiasi kinerja KPU yang dinilai kooperatif. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan apresiasinya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang telah bekerja kooperatif dalam mengawal kontestasi Pemilu 2019 ini.

"Saya mau menyampaikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu. KPU kami lihat sangat kooperatif, sangat kondusif," kata Prabowo di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (14/3).

Prabowo merasa, saat ini KPU dan Bawaslu telah bekerja dengan mengutamakan kepentingan bangsa. KPU, kata dia, telah memahami keinginan masyarakat saat ini.


"Mereka [KPU] melihat sejarah bahwa demokrasi ini sekarang menjadi harapan rakyat," kata Prabowo.


Tak hanya itu, KPU dan Bawaslu juga dinilai Prabowo telah bersikap tanggap. Hal itu membuat iklim demokrasi bisa tercipta dengan baik hingga menghargai keinginan rakyat saat ini.

"Kita hasilkan suatu demokrasi yang baik, yang bagus, yang sejuk, yang damai, yang benar-benar mencerminkan dan menghargai kehendak rakyat, the will of the people," kata Prabowo.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding mencurigai adanya upaya mendelegitimasi kinerja KPU dan Bawaslu yang dilakukan kubu paslon Prabowo-Sandiaga.

"Memang ada upaya serius yang dibangun, terutama dugaan saya oleh kubu 02 untuk mendelegitimasi KPU sebagai penyelenggara pemilu. Dan ada upaya untuk mengganggu kerja mereka [KPU]," kata Karding di Jakarta, Selasa (12/3).


Karding meminta kepada semua pihak untuk tidak mendelegitimasi seolah-olah KPU dan Bawaslu tidak bersikap netral dalam Pilpres 2019.

"KPU harus bisa bekerja baik. Justru jangan dikacaukan, jangan diganggu, jangan didelegitimasi," tegas Karding. (tst/asr)