Saksi Mata Ungkap Aksi Pengejaran OTT KPK Jatim di Hotel Bumi

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 15:43 WIB
Saksi Mata Ungkap Aksi Pengejaran OTT KPK Jatim di Hotel Bumi Ketua Umum PPP Romahurmuziy disebut ditangkap di depan Hotel Bumi, Surabaya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Surabaya, CNN Indonesia -- Ketua Umum PPP Romahurmziy disebut ditangkap oleh sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di sekitar Hotel Bumi, bilangan Basuki Rahmat, Surabaya.

Salah seorang saksi mata di sekitar lokasi mengatakan penangkapan itu dilakukan di depan hotel sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat (15/3).

Saksi yang enggan disebut namanya tersebut mengatakan saat kejadian berlangsung ada beberapa orang yang keluar dari tempat parkir hotel. Sesampainya di depan hotel, penangkapan pun berlangsung.


"Sekitar jam 08.00 WIB, ada orang keluar dari hotel. Ada ribut-ribut gitu," kata saksi tersebut, saat dikonfirmasi pewarta, Jumat (15/3).

Saksi itu juga mengatakan saat penangkapan terlihat ada dua orang yang dikejar oleh sekitar lima orang. Tak butuh waktu lama, dua orang tersebut pun berhasil tertangkap.

Penyidik KPK keluar dari Ruang Subdit III/Tipidkor Polda Jatim yang menjadi tempat pemeriksaan terhadap Romi.Penyidik KPK keluar membawa berkas dari Ruang Subdit III/Tipidkor Polda Jatim yang menjadi tempat pemeriksaan terhadap Romi. (CNN Indonesia/Farid)
Saksi tersebut juga melihat bebarapa orang yang melakukan penangkapan itu tak mengenakan seragam. Mereka, katanya, membawa selembar kertas di tangan.

"Ada dua orang yang ditangkap. Satunya dikekep lehernya, satunya dipegang tangannya gitu," kata dia.

Namun, si saksi mata tak bisa memastikan siapakah orang yang ditangkap tersebut. Pasalnya, posisinya berada di sisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Basuki Rahmat atau di seberang lokasi kejadian.

Sementara itu Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Markus membantah kabar yang beredar yang menyebutkan bahwa Romi ditangkap di kantornya di bilangan Juanda, Sidoarjo.

"Enggak, enggak itu, Mas. Bahwa [kabar] itu salah, kita klarifikasi. Kalau itu tidak ada penangkapan di Kanwil Kemenag Juanda, tidak ada penangkapan siapapun dan apapun," kata Markus, saat dikonfirmasi.

Namun hingga kini, belum ada keterangan resmi kepolisian terkait kronologi penangkapan Romi di Surabaya, tersebut. Romi, diketahui kini tengah berada di ruang penyidik Subdit III/Tipidkor Polda Jatim.

Gedung Polda Jatim.Gedung Polda Jatim. (CNN Indonesia/Kurniawan Dian)
Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan membenarkan bahwa saat ini ada sejumlah orang yang tengah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ada beberapa yang diperiksa," kata Luki, ditemui usai salat jumat di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (15/3).

[Gambas:Video CNN] (frd/arh)