Sponsored by

Amankan Debat Ketiga, Polda Terjunkan 5.000 Personel Gabungan

CNN Indonesia | Sabtu, 16/03/2019 01:49 WIB
Amankan Debat Ketiga, Polda Terjunkan 5.000 Personel Gabungan Ilustrasi personel gabungan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya menerjunkan 5.000 personel gabungan guna mengamankan pelaksanaan debat Pilpres 2019 putaran ketiga di Hotel Sultan pada Minggu (17/3).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan personel gabungan tersebut terdiri dari personel Polri, TNI, dan pihak Pemprov DKI Jakarta.

"Personel kita libatkan lima ribu personel gabungan TNI, Polri dan Pemda," kata dia, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (15/3).


Argo juga menyebut bahwa personel Densus 88 Antiteror dan personel intelijen juga akan dilakukan dalam proses pengamanan.

Untuk pola pengamanannya, dikatakannya, akan sama seperti dengan pola pengamanan debat-debat sebelumnya.

Argo menuturkan ada tiga lapis pengamanan yang akan dilakukan pada debat yang mempertemukan kandidat cawapres tersebut. Ring satu, yakni merupakan lokasi debat yang akan diamankan oleh pasukan pengamanan presiden (paspampres).

Kemudian untuk ring dua dan ring tiga, yang merupakan lokasi bagi keluar masuknya pendukung akan diamankan oleh personel gabungan.

"Ring satu di tempat jalanya debat nanti kita amankan dan kita tempatkan alat sebagai pendeteksi, kan ada pendukung calon nanti ada id card yang siapa saja yang boleh masuk ke aula debat," tutur Argo.

Di sisi lain, untuk arus lalu lintas, menurut Argo sampai saat ini belum ditentukan apakah akan ada rekayasa lalu lintas atau tidak. Hal itu, sambungnya, bersifat situasional sehingga masih melihat bagaimana perkembangan situasi saat pelaksanaan debat nanti.

Lebih lanjut, Argo mengimbau kepada masyarakat, terutama para pendukung untuk tertib dan mengikuti aturan yang ada di lokasi debat guna menciptakan situasi yang kondusif.

Debat Pilpres putaran ketiga digelar pada Minggu (17/3), di Hotel Sultan, Jakarta. Debat kali ini hanya akan mempertemukan masing-masing cawapres saja, yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Tema yang diangkat dalam debat ini adalah pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, dan sosial budaya.

[Gambas:Video CNN] (dis/arh)