Gedung Kemenag Dijaga Ketat Usai Ruangan Lukman Disegel KPK

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 20:56 WIB
Gedung Kemenag Dijaga Ketat Usai Ruangan Lukman Disegel KPK Gedung Kementerian Agama di Jakarta Pusat dijaga ketat usai penyegelan ruang kerja Menag Lukman Hakim Saifuddin oleh KPK, Jumat (15/3) malam. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah petugas keamanan Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penjagaan ketat di pintu masuk menuju gedung utama Kemenag yang berada di Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

Penjagaan dilakukan usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel dua ruangan, salah satunya milik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Penyegelan dilakukan usai KPK mengamankan Ketua Umum partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy diduga terkait jual beli jabatan di Kemenag.

Berdasarkan pantauan, tiga petugas keamanan siaga di pintu masuk gedung utama Kemenag. Mereka melarang pewarta masuk ke dalam gedung untuk mengabadikan gambar ruangan yang disegel KPK.


Tak hanya itu, sejumlah orang yang tidak berkepentingan juga dilarang memasuki gedung tersebut.


Berdasarkan penuturan salah seorang petugas keamanan yang berjaga, penyegelan terjadi antara pukul 17.00-19.00 WIB. Namun, ia enggan menyebut apakah ada dokumen atau benda yang dibawa oleh petugas KPK usai melakukan penggeledahan.

Petugas itu hanya menyampaikan ruang yang disegel berada di lantai dua gedung tersebut. Saat ini, lanjut petugas tersebut, di lantai tersebut sudah steril. Lampu penerangan di lantai itu juga sudah dalam kondisi mati.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada aktivitas penggeledahan lanjutan yang dilakukan petugas KPK.


Sebelumnya, KPK menangkap Romi dan empat orang lainnya dalam operasi tangkap tangan di Jawa Timur, Jumat (15/3). Dalam OTT itu, KPK turut menyita sejumlah uang yang diduga terkait dengan korupsi.

Hasil penyelidikan awal, KPK menyebut penangkapan Romi terkait dengan jual beli jabatan di Kemenag. Romi diketahui sudah tiba di gedung KPK guna pemeriksaan lanjutan. KPK belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

[Gambas:Video CNN] (jps/ain)