Prabowo 'Siap Salah', Pilih Squat Jump di Depan Jenderal Gaek

Febri Ardani, CNN Indonesia | Sabtu, 16/03/2019 17:50 WIB
Prabowo 'Siap Salah', Pilih Squat Jump di Depan Jenderal Gaek Calon presiden Prabowo berjalan dari podium lalu melakukan squat jump satu kali karena tidak bisa menyebut nama 84 jenderal. (Foto: Dok. Tim Internal Prabowo Subianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, memutuskan menghukum dirinya sendiri dengan melakukan squat jump saat tidak bisa menyebutkan seluruh nama mantan jenderal yang hadir dalam salah satu acara. Ini adalah acara yang melibatkan purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan relawan di Gelanggang Remaja Otista, Jakarta Timur, pada Sabtu (16/3).

Prabowo melakukan hal itu saat berpidato di hadapan para seniornya. Awalnya, mantan Komandan Jenderal Kopassus itu menyebut nama-nama mantan jenderal  bintang empat dan tiga yang hadir, namun saat mau menyebut para purnawirawan bintang dua, Prabowo kesulitan karena jumlahnya ada 84 orang.


"Banyak sekali, kalau tidak saya sebut bukan berarti saya tidak menghormati. Saya siap squat jump," kata Prabowo seperti dijelaskan dalam rilis resmi, Sabtu (16/3).


Setelah mengatakan itu Prabowo berjalan menuju tengah panggung, kemudian squat jump satu kali. Aksi itu ditanggapi tepuk tangan dari hadirin.

"Ini tradisi tentara. Sekali senior tetap senior," kata Prabowo yang pernah menjabat Panglima Kostrad.


Berdasarkan ajaran pendidikan militer, Prabowo mengatakan selalu siap sedia bila dipanggil senior. Dia bergurau bakal tetap seperti itu meski sudah terpilih rakyat jadi presiden.

Ketua Umum Partai Gerindra ini memutuskan tidak mau terlalu lama saat pidato karena menurut dia berdasarkan tradisi TNI kalau ada komandan yang memberikan arahan terlalu lama maka barisan belakang pasti menggerutu.

"Jadi saya tidak ingin berlama-lama. Saya yakin kalian sudah mengerti apa yang harus dilakukan 17 April nanti, para emak-emak terutama," kata Prabowo. (fea)