Sandiaga Uno Fokus Garap Milenial Lewat Debat Cawapres

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 11:59 WIB
Sandiaga Uno Fokus Garap Milenial Lewat Debat Cawapres Cawapres 02, Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku akan fokus pada generasi milenial dalam debat cawapres yang bakal digelar malam ini, Minggu (17/3).

"Buat anak-anak muda harus mengambil peran yang sentral. Bagi milenial yang tadi hadir, salah satu pesan untuk pendidikan adalah bagaimana membangun daya saing bangsa," kata Sandi kepada media usai berolahraga bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kawasan Bulungan, Jakarta, Minggu (17/3) pagi.

Untuk meningkatkan daya saing itu, Sandi menyebut ia bakal mendorong anak muda untuk menjadi pengusaha. Menurut Sandi saat ini kaum milenial menjadi penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia.


"Saya lihat juga ketenagakerjaan ini khususnya milenial, yang mendominasi pengangguran sekarang. Sebanyak 61 persen dari pengangguran itu adalah kaum anak muda. Ini yang mudah-mudahan bisa kami bukakan solusi untuk memastikan lima tahun ke depan mereka mendapatkan peluang kerja," tutur Sandi.

Selain itu, Sandi juga bakal mendorong milenial untuk menjaga kesehatan melalui kegiatan promotif dan preventif.


Selain berolahraga bersama, Sandi dan AHY juga saling bertukar pikiran mengenai debat cawapres. Pada kesempatan itu, AHY memberikan sejumlah masukan untuk Sandi. Menurut AHY materi debat cawapres kali ini sangatb terkait dengan pembangunan sumber daya manusia.

"Kita ingin masyarakat kita, anak-anak muda semakin memiliki wawasan, daya intelektual, karakter, juga yang sangat pancasilais dan juga sangat membumi di tanah air ini," ucap AHY.

Perkara kesehatan, AHY ingin agar Sandi dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga di Indonesia terutama ibu dan anak-anak.

Selain itu, AHY berharap Sandi dapat mengajak anak muda untuk semakin mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan lapangan kerja.


AHY juga menyoroti masalah sosial budaya yang terlihat semakin terpolarisasi. Dia ingin agar Sandi mampu menyatukan bangsa yang terpecah belah selana Pemilu 2019.

"Tentunya terkait sosial budaya, masalah polarisasi negeri ini juga harus menjadi concern ktia semua. Jangan sampai hanya karena Pemilu yang sifatnya sesaat, kemudian perpecahan akan berdampak permanen. Ini harus kita cegah," ucap AHY.

AHY juga menyampaikan dukungannya kepada Sandi untuk tampil maksimal pada malam ini. Dia juga memohon maaf tak bisa hadir menyaksikan secara langsung lantaran sudah harus bersiap-siap untuk blusukan ke Kalimantan dan Sumatera.

[Gambas:Video CNN] (ptj/agr)