KPU Sebut Panelis Serahkan Daftar Pertanyaan Debat Sore Ini

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 13:56 WIB
KPU Sebut Panelis Serahkan Daftar Pertanyaan Debat Sore Ini Ketua KPU Arief Budiman (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panelis akan menyerahkan pertanyaan debat ketiga Pilpres 2019 kepada moderator dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sore ini. Hal ini diungkap oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Menurut Arief, daftar pertanyaan itu akan diserahkan paling cepat pukul 16.00 WIB. Saat ini, daftar pertanyaan itu masih berada di tangan para panelis. Debat ketiga ini sendiri adalah debat antar calon wakil presiden, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

"Nanti jam 4, tadi mau diserahkan jam 2 siang nanti dikira KPU macam-macam," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).


Waktu penyerahan ini menurut Arief berdasarkan hasil masukan dari kedua tim kampanye, baik dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi maupun Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Lebih lanjut, setiap tema yang akan diangkat dalam debat ini masing-masing mendapat jatah lima buah pertanyaan. Namun tidak semua pertanyaan itu akan keluar dalam debat.

"Masing-masing tema disiapkan lima pertanyaan. Tapi tidak ditanyakan semua hanya satu yang ditanyakan," kata dia.

Untuk saat ini Arief memastikan seluruh persiapan debat sudah hampir 100 persen siap. Dia juga berharap semua pihak bisa hadir tepat waktu dan bisa mengikuti semua prosedur yang ada.

"Mudah-mudahan semua pihak hadir tepat waktu, bisa ikuti semua prosedur, sehingga bukan hanya lancar berjalan tapi target kita agar debat berkualitas dan bisa dijadikan referensi kepada masyarakat," katanya.

Debat ketiga Pilpres 2019 ini akan mengangkat tema terkait Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Budaya, serta Ketenagakerjaan. (tst/eks)