GBK Ditutup untuk Umum, 4.447 Aparat Kawal Debat Cawapres

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 18:20 WIB
GBK Ditutup untuk Umum, 4.447 Aparat Kawal Debat Cawapres Gabungan pasukan keamanan perketat pengamanan debat cawapres di Hotel Sultan, Minggu (17/3) malam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang pelaksanaan debat cawapres Pilpres 2019, sebanyak 4.447 personel gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan di Hotel Sultan.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat mengatakan personel gabungan yang diterjunkan untuk debat ketiga tersebut terdiri dari unsur Polri, TNI, dan personel pengaman dari Pemprov DKI Jakarta.

"Pengamanan ini melibatkan 4447 lersonel," kata Wahyu usai apel di depan Gedung JCC, Senayan, Minggu (17/3).


Untuk titik-titik pengamanan, menurut Wahyu, polanya masih sama dengan pengamanan debat sebelumnya, yakni terbagi menjadi empat ring.


Ring satu, terletak di dalam Hotel Sultan, atau di area debat. Ring dua, ada di luar Hotel Sultan. Kemudian ring tiga, ada di area Gelora Bung Karno, serta ring empat berada di luar kawasan GBK.

Selain itu, sambung Wahyu, untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama debat berlangsung, juga akan dilakukan patroli secara rutin oleh personel pengamanan

"Pelaksanaan debat sepanjang waktu itu patroli tetap dilaksanakan patroli jalan sampai dengan ujung Parkir Timur itu tetap dilaksanakan," tuturnya.


Di sisi lain, Wahyu menuturkan area Gelora Bung Karno (GBK) juga akan ditutup selama debat berlangsung. Penutupan tersebut dilakukan sejak pukul15.30 WIB tadi.

Nantinya, akses masuk ke GBK hanya bisa melalui satu pintu saja yakni lewat pintu 10 di Jalan Asia-Afrika.

"Hanya ada satu pintu yang dibuka yaitu pintu sepuluh dan pintu masuk ke dalam tempat debat semua akan ditutup," ujar Wahyu.


Wahyu menyampaikan dengan penutupan area GBK tersebut, maka para pendukung debat Pilpres 2019 tidak diperkenankan untuk melakukan acara nonton bareng di area GBK.

Debat Pilpres 2019 putaran ketiga kali ini akan mempertemukan masing-masing cawapres yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat cawapres akan berlangsung di Hotel Sultan mulai pukul 20.00 WIB. Tema debat kali ini adalah kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya, serta ketenagakerjaan.

[Gambas:Video CNN] (dis/DAL)