Debat Cawapres

Sandi akan Kritik Jokowi yang Belok dari Revolusi Mental

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 18:29 WIB
Sandi akan Kritik Jokowi yang Belok dari Revolusi Mental Mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno ikut dalam kontestasi Pilpres 2019 sebagai cawapres nomor urut 02. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan akan ada hal-hal baru yang bakal disampaikan Sandi dalam arena debat cawapres malam ini, Minggu (17/3).

Dahnil menerangkan Sandiaga bakal menawarkan banyak solusi untuk menyelesaikan keterlambatan pembangunan sumber daya manusia selama masa pemerintahan capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

"Kita menawarkan solusi untuk menyelesaikan keterlambatan pembangunan sumber daya manusia selama 4,5 tahun ini," kata Dahnil di Hotel Sultan, Jakarta.


Debat cawapres dalam Pilpres 2019 mempertemukan cawapres 01 Ma'ruf Amin dan Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta, malam ini. Itu adalah seri debat antarkandidat ketiga dalam rangkaian Pilpres 2019.


Dahnil mengatakan selama 4,5 tahun Jokowi memimpin pemerintahan nyatanya telah membelokkan programnya sendiri dari Revolusi Mental jadi pembangunan infrastruktur.

"Oleh sebab itu kami ingin mengembalikan rel pembangunan Indonesia pada pembangunan sumber daya manusia," kata Dahnil.

Menurut Dahnil, langkah Jokowi yang menyatakan pembangunan infrastruktur sebagai langkah awal itu sebagai hal yang keliru. Sebab, kata dia, hal utama itu justru pembangunan manusia.

"Pepatah bilang million step begin with one step. One step-nya itu sebenarnya harusnya adalah orientasi pembangunan itu harusnya pada manusia. Bukan infrastruktur," ujar mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah tersebut.

Meski begitu kata Dahnil di debat nanti Sandi tak akan menyampaikan kejutan apapun. Sembari bercanda, kata dia, tak boleh mengejutkan seorang kiai.

"Enggak, kita nggak ngejut-ngejutin. Enggak enggak boleh. Pak kiai terkejut, tidak boleh untuk kiai," katanya.

Meski tak ada yang mengejutkan, Sandi justru akan mematahkan program Jokowi. Salah satunya terkait banyaknya kartu yang diluncurkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Mematahkan ya, tapi enggak mengejutkan. Misalnya itu soal banyaknya kartu-kartuan. Kita cari solusi yang lain," kata Dahnil.

Pada debat kali ini, hanya Ma'ruf dan Sandiaga yang akan saling beradu argumen, dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya.


Bagi Anda yang ingin menyaksikan Live Streaming debat cawapres Pilpres 2019 ini, bisa mengakses CNNIndonesia.com di laman ini, mulai pukul 19.30 WIB.

[Gambas:Video CNN] (tst/kid)