LIVE REPORT

Live Report: Debat Cawapres 2019

Live Report: Debat Cawapres 2019

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin akan beradu gagasan dan argumentasi dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, malam ini. Debat mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas menjadi moderator yang memandu jalannya debat.

  • 17 Mar 22:39

    Debat Selesai, Sampai Jumpa

    Pidato penutup dari Ma'ruf Amin dan Sandiaga mengakhiri rangkaian debat cawapres, malam ini. Terima kasih, sampai jumpa di debat Pilpres 2019 berikutnya, 30 Maret 2019.
  • 17 Mar 22:36

    Ma'ruf Ajak Rakyat Lawan Hoaks

    Ma'ruf Amin mengajak masyarakat melawan hoaks atau berita bohong. Ajakan itu dilontarkan Ma'ruf dalam pidato penutup debat

    "Kami juga mengajak kita semua untuk melawan dan memerangi hoaks, karena hoaks merusak tatanan bangsa Indonesia melawan dan memerangi fitnah," kata Ma'ruf.

    Ma'ruf lantas menyinggung sejumlah hoaks yang menyerang Jokowi dan dirinya. Seperti larangan azan, pelegalan zinah, dan lain-lain.

    "Saya bersumpah demi Allah selama hidup saya akan saya lawan," katanya.

    Selain itu, Ma'ruf mengatakan bila terpilih, dia akan melanjutkan program yang telah dijalankan Jokowi-JK.

    "Untuk melakukan upaya perbaikan secara terus menurus sesuai dengan prinsip dan berkelanjutan," katanya.
  • 17 Mar 22:27

    Pidato Penutup, Sandi Ungkit Gus Dur hingga Satu Kartu untuk Semua

    Sandiaga Uno menutup debat dengan menyindir kartu-kartu yang dijanjikan Jokowi-Ma'ruf seperti Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja, dan KIP Kuliah. 

    Sandi mengatakan di era big data saat ini, cukup satu kartu bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

    "Kita tidak ingin merepotkan kartu-kartu yang lain. Mari kita ambil dompet masing-masing, kita keluarkan dompet kita, keluarkan satu kartu yang sudah dimiliki yaitu Kartu Tanda Penduduk," ajak Sandi yang sontak langsung dituruti para pendukungnya di ruang debat.

    Sandi, sambil mengacungkan KTP-nya, berkata kartu yang dipegangnya itu super canggih.

    "Sudah memiliki chip, dengan big data semua fasilitas layanan baik tenaga kerja, kesehatan, semua. Rumah Siap Kerja, PKH kita akan tambah dengan PKH plus yang hanya membutuhkan KTP ini," ujar Sandi.

    Sandiaga juga menutup debat dengan janji menyelesaikan masalah rakyat di bidang pendidikan, kebudayaan dan tenaga kerja. Dia menyinggung Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid ketika menjelaskan salah satu programnya meliburkan sekolah saat Ramadan.

    "Sistem pendidikan yang berkualitas menjadi fokus ke depan. mencabut ujuan nasional memberikan liburan di ramahadan meneruskan program yang dijalankan Gus Dur," katanya.

    Kata Sandi, negeri ini sangat kaya raya sumber daya manusia hebat-hebat namun masih menyisakan beberapa masalah antara lain lapangan kerja.

    "Kami menghadirkan solusi menyelsaikan apa yang diungkapkan harapan rakyat, dengan ketengakerjaan program oke oce berserta rumah siap kerja sanggup menciptakan dua juta lapangan kerja baru," katanya.
  • 17 Mar 22:13

    Sandiaga Pamer 'Rumah Siap Kerja' Atasi Pengangguran

    Sandiaga memamerkan program 'Rumah Siap Kerja' yang baru diluncurkannya untuk mengatasi persoalan pengangguran.

    "Harapannya kami bisa mengurangi dua juta pengangguran muda, " katanya.

    Rumah Siap Kerja itu, kata Sandi berisi co-working space, kursus barista, dan tempat berolahraga.

    Nantinya, Rumah Siap Kerja akan menampung generasi muda, lulusan SMK yang belum mendapat kerja untuk mendapatkan pelatihan dan peluang.

    Sementara Ma'ruf mengatakan untuk mengatasi persoalan pengangguran, dia menawarkan solusi struktural dan solusi pasar.

    "Solusi struktural melakukan reformasi pendidikan dari tingkat bawah sampai universitas terutama tingkat SMK, kami akan melakukan revitalisasi SMK akademi, politeknik, dan melibatkan dudi atau dunia usaha dan dunia industri, akan kita berikan insentif," katanya

    Non strukutral alias solusi pasar, kata Ma'ruf, dilakukan dengan memberikan pelatihan dan kursus-kursus.

    "Oleh karenanya mendorong upaya peningkatan, dan kartu prakerja supaya memperoleh semangat, mereka akan mendapat honor 6 bulan-1 tahun," katanya.
  • 17 Mar 22:07

    Sandi Ucapkan Belasungkawa Atas Korban Teroris Christchurch

    Sandi menyempatkan diri menyampaikan belasungkawa kepada korban terorisme di Kota Christchurch, Selandia Baru, serta korban bencana banjir di Sentani, Papua, dan korban gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

    "Mari sama-sama istighfar dan berdoa bisa menghadapi bencana ini dan bisa selamat," ujar Sandi.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Calon wakil presiden Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Seorang warga Negara Australia melakukan aksi teror dengan menembak jemaah yang sedang menunaikan salat Jumat di sebuah masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, pekan lalu. Peristiwa itu menewaskan 50 orang termasuk warga negara Indonesia.

    Di Sentani, Papua, sekitar 60 orang tewas akibat banjir bandang yang terjadi sejak Sabtu malam.
  • 17 Mar 21:57

    Ma'ruf Kritik Program Sedekah Putih Sandiaga

    Ma'ruf Amin mengkritik program sedekah putih yang akan dijalankan pasangan Prabowo-Sandi bila terpilih.

    Program sedekah putih merupakan program pemberian susu untuk mengurangi persoalan kekurangan gizi (stunting) pada bayi di Indonesia.

    Menurut Ma'ruf, stunting tidak bisa dilakukan dengan hanya pemberian susu, apalagi setelah bayi tersebut tak lagi minum ASI dari ibunya.

    Ma'ruf berkata masa penting untuk bayi selama 1.000 pertama sejak seorang ibu dinyatakan hamil. Dengan demikian, memberikan susu kepada balita berusia dua tahun tidak akan mengurangi stunting.

    "Maka itu menurut saya istilah sedekah putih menimbulkan pemahaman yang mngacaukan masyarakat," kata Ma'ruf.

    Sandiaga pun merespons dan menyebut bahwa program sedekah putih merupakan bagian dari program Indonesia Emas untuk menciptakan generasi muda yang cemerlang.

    Inti dari sedekah putih, kata Sandiaga adalah berbagi. Sebab, ada ibu yang tidak bisa memberikan ASI setelah melahirkan.
  • 17 Mar 21:47

    Ma'ruf Akan Awasi Dana Pendidikan dengan NPD dan Data Pokok

    Ma'ruf Amin mengatakan akan memantau dana pendidikan yang saat ini hampir 60 persen mengalir ke daerah, dan sering tak terpantau.

    Untuk mengawasi dana pendidikan itu, dia akan mengembangkan sistem melalui Neraca Pendidikan Daerah (NPD) dan Data Pokok Pendidikan. Lewat instrumen itu, diharapkan dana pusat yang ditransfer ke daerah terpantau.

    "Anggaran ini 60 persennya ke daerah seringkali pemerintah pusat kesulitan memantau belanja atau outputnya," katanya.

    Sandiaga Uno mengatakan, banyak instrumen yang bisa dipakai untuk memantau dana. Sandiaga mengatakan instrumen yang ditawarkan Ma'ruf Amin belum tentu menjawab.

    "Kita lihat instrumen itu bisa dipakai tapi keluhan dari masyarakat, mereka menginginkan pendidikan berkualitas," katanya.
  • 17 Mar 21:43

    Ma'ruf: Tenaga Kerja Asing di Indonesia Terkendali

    Ma'ruf Amin merespons jumlah tenaga kerja asing yang disinggung Sandiaga Uno. Dia menegaskan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia terkendali.

    "Jumlahnya 0,1 persen," kata Ma'ruf.

    Ma'ruf mengklaim jumlah itu paling rendah di antara negara-negara lain di dunia. "Lihat datanya."

    Live Report: Debat Cawapres 2019Calon wakil presiden Ma'ruf Amin mengklaim jumlah tenaga kerja asing di Indonesia paling kecil dari negara lain di dunia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Sementara untuk membuka lapangan kerja, Ma'ruf menyatakan akan dilakukan dengan memberikan iklim kerja kondusif untuk dunia usaha dan dunia industri.

    "Akses keuangan yang mudah dan terukur, pengembangan wakaf mikro, Mekaar dan lain-lain," ujar Ma'ruf.
  • 17 Mar 21:33

    Sandi Singgung Jumlah TKA di Indonesia

    Sandiaga uno mengatakan bila terpilih di Pilpres 2019, dia ingin memastikan bahwa tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia.

    Sebab, dia melihat selama ini, pemerintah justru melonggarkan aturan terhadap tenaga kerja asing. Termasuk menghapus kewajiban bisa berbahasa Indonesia.

    Sandi juga mengaku prihatin karena banyak tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, khususnya untuk strata kalangan bawah. Padahal banyak warga yang belum mendapat pekerjaan.

    Sandi menyebut ada 7 juta pengangguran di Indonesia. Selain itu dia menyoroti kualitas lapangan kerja saat ini belum optimal. 

    "Di saat pengangguran kita masih ada 7 juta dan kualitas lapangan kerja kita masih belum optimal, pemerintah mencabut beberapa keharusan bagi tenaga kerja asing seperti keharusan berbahasa Indonesia," ujar Sandi.
  • 17 Mar 21:25

    Soal Kebudayaan, Ma'ruf Janji Bangun 'Opera House'

    Ma'ruf Amin berjanji akan membangun opera house seperti di Sidney, Australia, untuk mengembangkan kebudayaan bangsa.

    "Ini adalah cita-cita besar maka kami juga akan bangun opera seperti yang ada di Sidney untuk eksibisi dan kebutuhan-kebutuhan budaya kita," katanya.

    Pernyataan Ma'ruf menanggapi pertanyaan tentang permasalahan kebudayaan yang selama ini dinilai masih terpinggirkan ketimbang pembangunan infratstruktur.

    [Gambas:Video CNN]
    Kata Ma'ruf, untuk mengembangkan budaya diperlukan anggaran, sebab itu pemerintah akan menyiapkan dana abadi kebudayaan bila terpilih.

    "Budaya ini akan kita dorong untuk bisa kita kembangkan melalui ekonomi kreatif. Karena itu pemerintah sudah membentuk Bekraf," katanya

    Selain itu, pemerintah juga akan mengembangkan kebudayaan dan memperkenalkan ke luar negeri.

    "Kita adakan festival kebudayaan di setiap negara," katanya
  • 17 Mar 21:17

    Sandiaga Kutip Ucapan Bung Karno soal Kebudayaan

    Sandiaga Uno mengutip ucapan Bung Karno ketika membahas persoalan kebudayaan dalam debat cawapres.

    "Di tahun 1961, Bung karno bertemu Menteri Pertahanan AS, beliau menyatakan, 'tuan mungkin memiliki bom atom, tapi kami memiliki seni budaya yang tinggi'," katanya.

    Dan, kata Sandi, hal itu terbukti karena UNESCO menempatkan Indonesia sebagai negara berkebudayaan tinggi.

    Sebab itu, bila terpilih, dia akan mengembangkan warisan budaya di indonesia agar bisa memberikan letupan-letupan ekonomi baru.

    "Kita bisa mengajak dunia usaha, akademisi ditingkatkan, kurikulum yang mengarahkan minat kebudayaan dari situ muncul peluang-peluang ekonomi kreatif," katanya.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Sandi juga kembali menekankan pentingnya kolaborasi. Dia berkata ada banyak anak bangsa yang prestasinya telah diakui dunia. Dengan mereka, lanjutnya, perlu ada kolaborasi.

    "Jangan semuanya dijadikan beban pemerintah. Kalau kolaborasi saya yakin banyak yang membantu. Dari pengusaha, universitas, LSM. Tugas pemerintah adalah membentuk pemerintah yang kuat agar budaya menjadi prioritas," ujar Sandi.

    Sementara itu, Ma'ruf mengatakan untuk mengembangkan budaya bila terpilih dia akan menyediakan dana abadi kebudayaan. 

    "Kita besryukur bangsa kita punya kemajuan kebudyaan, strategi ini akan kita optimalkan semoga tidak menghalangi diskontinuitas budya," katanya.

    Selain itu Ma'ruf juga menekankan pentingnya melestarikan kearifan lokal sebagai salah satu dari kekayaan kebudayaan nasional.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com.
  • 17 Mar 21:09

    Cara Sandi dan Ma'ruf Tingkatkan Kualitas SDM

    Sandiaga dan Ma'ruf Amin memaparkan programnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja baik dalam maupun luar negeri.

    Ma'ruf mengatakan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang perlu dibenahi adalah pendidikannya.

    "Pendidikan akan direvitalisasi baik SMK, Politeknik, akademi, kita akan kerjasama dengan kelompok dunia usaha," katanya

    Selain itu, bila terpilih Jokowi-Ma'ruf akan mengembangkan kursus yang kepintaran dan kecakapan.

    "Kami akan kembangkan kursus-kursus melalui Balai Latihan Kerja (BLK), BUMN, dan kursus yang bisa diaplikasi dengan digital. Baik kursus yang sifatnya kepintaran, kecakapan, kebugaran," ujar Ma'ruf.

    Sementara Sandiaga mengatakan Prabowo-Sandi memiliki program 'Rumah Siap Kerja' yang menawarkan link and match antara dunia usaha dengan dunia akademi.

    "Sungguh ironis 61 persen pengangguran adalah angkatan muda, mereka masuk SMK untuk masuk kerja, tapi malah susah. Kami akan meningkatkan keterampilan mereka," katanya.

    Menurut Sandi yang dibutuhkan oleh anak muda adalah kesempatan.
  • 17 Mar 20:56

    Sandiaga: 22 Menit Olahraga Kurangi Biaya Kesehatan

    Sandiaga memiliki program untuk mengajak masyarakat berolahraga bila terpilih pada Pilpres 2019.

    Salah satunya dengan program 22 menit berolahraga tiap hari.

    Menurutnya, program itu bisa mengurangi biaya kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah saat ini lewat program JKN dan KIS yang saat ini mengalami defisit.

    "Kami melihat tugas pemerintah juga menghadirkan kebijakan-kebijakan yang bisa mencegah, yang kami sebut 22 menit tiap hari berolahraga, dan saya melihat dampak posistif terhadap pengurangan biaya kesehtaan," katanya.

    Selain itu, solusi yang ditawarkan oleh Sandi untuk mengatasi persoalan kesehatan adalah memperbaiki sistem rujukan.

    "Kami pasti melihat pola rujukan yang lebih mengutamakan layanan kesehatan masyarakat agar mereka tidak menunggu berjam-jam di RS," katanya
  • 17 Mar 20:52

    Sandi Akan Panggil Ahli dari Hongkong Sempurnakan BPJS

    Sandiaga Uno akan memanggil aktuaria-aktuaria dari Hongkong untuk menyempurnakan sistem Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) demi meningkatkan kualitas layanan.

    "JKN akan diteruskan, BPJS diteruskan," kata Sandiaga.

    Pernyataan Sandiaga itu menjawab pertanyaan tentang ketimpangan layanan kesehatan yang disebabkan karena biaya kesehatan dari BPJS rendah, sehingga layanan yang diterima masyarakat tidak prima.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
    Sandiaga menilai BPJS telah berjalan baik.

    Dia mencontohkan kisah yang dihadapi ibu Lis, seorang warga Sragen yang pengobatannya terhenti karena BPJS. "Ini tidak bisa ditolerir. Indonesia harus menghadirkan pelayanan kesehatan yang prima, jangan saling menyalahkan," katanya.

    Sementara Ma'ruf mengatakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu indonesia Sehat telah maksimal. Dia berjanji akan melanjutkan program tersebut.

    "Kita telah melakukan asuransi sosial yang besar bahkan mencapai 215 juta peserta asuransi bpjs. Dan ini merupakan yang terbesar di Indonesia," katanya.
  • 17 Mar 20:43

    Ma'ruf Ingin Bentuk Badan Riset Nasional, Sandi Tekankan Kolaborasi

    Pertanyaan pertama dari moderator adalah riset. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uni ditanya komitmen meningkatkan riset di Indonesia.

    Ma'ruf Amin berjanji akan membangun Badan Riset Nasional untuk menghadapi kesiapan Indonesia menyambut tahun 2045.

    Sebab, menurut Ma'ruf selama ini riset tersebar di berbagai instansi dan tak terpusat.

    "Riset menjadi tolok ukur negara. Kami akan mengalokasikan dana riset, akan kami satukan akan kami bentuk Badan Riset Nasional," katanya.

    Pernyataan Ma'ruf itu menjawab pertanyaan tentang bagaimana komitmen terhadap riset bila terpilih? karena pendapatan domestik bruto indonesia diprediksi menempati lima besar dunia pada 2045 dan pencapaian itu mensyarakatkan pembangunan berbasis teknologi dan inovasi.

    Persoalan menyatukan riset itu dikritik oleh Sandi, karena menurutnya, persoalannya bukan menyatukan menjadi badan riset, melainkan kolaborasi antara dunia usaha, dunia industri dan dunia pendidikan.

    "Menambah jumlah lembaga, menambah juga birokrasi, kuncinya di kolaborasi," katanya.

    Sementara Sandiaga yang mendapat kesempatan pertama menyatakan akan menyambungkan dunia riset dalam hal ini dunia pendidikan dengan dunia riset. Sandi menilai selama ini kedua hal itu tidak saling tersambung. 

    Sandi juga menyebut kunci dalam peningkatan riset adalah kolaborasi, bukan menambah jumlah lembaga yang menurutnya juga akan menambah birokrasi.
  • 17 Mar 20:30

    Sandiaga Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Ma'ruf

    Sebelum memaparkan visi dan misi, Sandiaga Uno sempat mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ma'ruf amin.

    "Selamat ulang tahun ke-76 abah," katanya

    Ma'ruf Amin merayakan ulang tahun ke 76 pada tanggal 11 Maret lalu. Ma'ruf lahir di Banten, tanggal 11 Maret 1943.

    [Gambas:Video CNN]
    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com.
     
  • 17 Mar 20:28

    Sandiaga Uno Janji Hapus Ujian Nasional

    Sandiaga Uno memaparkan visi misinya di bidang kesehatan, pendidikan, dan ketenagekerjaan.

    Di Bidang pendidikan, calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto ini langsung menggeberak dengan mengumbar janji menghapus Ujian Nasional.

    "Kami pastikan bahwa ujian nasional dihentikan dan diganti dengan penelusuran minat dan bakat," katanya.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Sandiaga Uno saat memaparkan visi dan misi di debat cawapres, Minggu (17/3). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Dia juga memiliki program pendidikan tuntas dan berkualitas dengan cara meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

    Di bidang kesehatan, Sandi berjanji akan membenahi sistem BPJS kesehatan. Dia mengaku telah berkunjung ke 1.500 titik di Indonesia untuk mendengarkan keluhan masyarakat.

    "Kami pastikan akar masalah BPJS dan JKN akan tuntas," katanya.

    Selain itu, bila terpilih Prabowo-Sandi juga akan membuat program 22 menit per hari berolahraga.

    "Kami ingin masyarakat hidup sehat," katanya.
  • 17 Mar 20:14

    Ma'ruf Kutip Dalil Saat Sampaikan Visi dan Misi

    Ma'ruf Amin mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi dan misi terkait tema debat cawapres malam ini. Teman debat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya 

    Dia mengatakan akan membawa visi Indonesia Maju dengan membangun manusia Indonesia yang cerdas produktif dan berahlak mulia.

    Kata dia, Jokowi-JK telah melakukan banyak hal, tapi kerja belum selesai, oleh karena itu dia akan melanjutkan ikhtiar itu.

    "Jangan sedih negara akan hadir," katanya.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Ma'ruf Amin saat memamerkan kartu Prakerja di panggung debat cawapres, Minggu (17/3). Pasangan Jokowi-Ma'ruf memang menjanjikan kartu itu jika menang Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Untuk memperbesar maslahat program yang ada sekarang, Jokowi-Ma'ruf akan mengeluarkan tiga kartu, kartu KIP Kuliah, Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja.

    Ma'ruf menunjukkan kartu itu saat debat.

    "Ini kartu yang akan kami keluarkan. Supaya ibu-ibu bisa berbelanja dengan murah supaya mudah untuk mendapatkan kerja," ujar Ma'ruf.

    Di pertengahan waktu bicara Ma'ruf Amin sempat mengutip dalil berbahasa Arab yang intinya mengajak putra putri Indonesia tidak takut bermimpi.

    "Oleh karena itu kepada anak-anak semua jangan takut untuk bermimpi, jangan takut untuk bercita-cita. Orang tua tidak perlu khawatir masa depan anaknya. La Tahzan La Takhar. Jangan takut dan jangan sedih karena sekarang negara telah hadir dna negara akan berusaha terus hadir untuk kalian," ujar Ma'ruf.

  • 17 Mar 20:12

    Ketua KPU Ingin Pemilu Berkualitas

    Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan pidato pembuka debat.

    Dalam sambutannya, dia mengatakan Pemilu tinggal 30 hari lagi untuk memilih pemimpin yang akan memimpin lima tahun mendatang.

    Arief mengatakan sebagai penyelenggara Pemilu telah bersumpah dan berjanji melakukan tugas mulia ini seadil-adilnya untuk mewujudkan pemilu berkualitas.

    Terkait debat, Arief mengatakan KPU memberikan ruang sebesar-besarnya kepada kandidat cawapres untuk memaparkan visi dan misi seluas-luasnya,

    Dia berharap, debat ini dapat menjadi rujukan para pemilih untuk menentukan pilihan.

    Setelah sambutan Arief, panitia membacakan aturan debat untuk dua cawapres dan para pendukungnya.
  • 17 Mar 20:02

    Debat Cawapres Dimulai

    Debat cawapres 2019 dimulai. Moderator debat, Alfitto Deanova Ginting dan Putri Ayuningtyas memasuki panggung debat.

    Moderator mengundang Ketua KPU Arief Budiman, dan kedua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno ke panggung debat.

    Saat kedua peserta diundang maju ke panggung, sejumlah pendukung meneriakkan yel-yel. Bahkan, pendukung Ma'ruf Amin sempat bersalawat.

    Debat kemudian dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setalah itu Arief Budiman mendapat kesempatan memberikan sambutan sebelum debat dimulai.
  • 17 Mar 19:59

    Jokowi Tiba di Lokasi Debat Cawapres, Prabowo Absen

    Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo hadir dalam debat cawapres 2019. Sementara Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dipastikan absen.

    Prabowo tidak dapat hadir di arena debat, dan memilih untuk menonton debat di kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan. Prabowo absen karena pesawat yang akan ditumpanginya dari Pontianak menuju Jakarta mengalami keterlambatan.
    [Gambas:Video CNN]
    Jokowi tiba di lokasi debat sekitar pukul 20.00 WIB. Jokowi datang mengenakan kemeja putih bersama ibu Iriana Jokowi.

    Jokowi sempat bersalaman dengan Ma'ruf Amin. Bahkan, Jokowi masuk ke ruang debat bersama Ma'ruf Amin.
  • 17 Mar 19:56

    Dukung Ma'ruf, Kader Gus Dur Sambangi Lokasi Debat Cawapres

    Sejumlah pendukung yang mengatasnamakan kader Gus Dur datang ke lokasi debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Gus Dur adalah sapaan akrab mendiang Presiden ke-3 RI, Abdurrahman Wahid. 

    Kader Gus Dur datang mengenakan pakaian hitam yang bertuliskan 'Kader Gusdur'. Mereka membawa spanduk "Kader Gusdur Mendukung Jokowi-Ma'ruf.

    "Kader Gusdur wajib menangkan Jokowi-Ma'ruf untuk menjaga kesatuan NKRI," kata orator.

    Di area lobi Hotel Sultan, mereka sempat berselawat. Selain itu, mereka juga menyanyikan mars Nahdlatul Ulama (NU) sambil memainkan rebana.

    Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama juga datang ke lokasi debat untuk mendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

    Usai kedatangan Rhoma, para pendukung pasangan nomor urut 02 kemudian berselawat bersama. Mereka tampak membawa spanduk bergambar Prabowo-Sandi.
  • 17 Mar 19:44

    Cegah Ricuh, Komite Damai Awasi Debat Cawapres

    Pada debat cawapres 2019, Minggu (17/3), KPU, Bawaslu bersama tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden membentuk Komite Damai.

    Komite Damai ini terdiri dari perwakilan Bawaslu, dan perwakilan kedua kubu. Komite Damai bertugas untuk menampung protes dari kedua kubu selama debat berjalan.

    Bila ada protes, dua kubu bisa menyalurkan melalui Komite Damai.

    KPU juga telah mengumumkan tata tertib debat cawapres 2019. Tata tertib diberlakukan untuk peserta dan undangan.

    Live Report: Debat Cawapres 2019
    Perwakilan pasangan calon 01 dan 02 mengambil nomor untuk pertanyaan debat cawapres 2019.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
    Untuk peserta, salah satu aturan membolehkan para cawapres membawa catatan berupa buku tulis dan alat tulis untuk mencatat.

    Sedangkan untuk pendukung dilarang melontarkan yel-yel yang memprovokasi peserta. 

    Peserta juga dilarang membawa benda berbahaya. Panitia berhak mengambil tindakan kepada pendukung yang melanggar.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com.
  • 17 Mar 19:36

    Sandiaga: Prabowo Hanya Pesan 'Be Yourself'

    Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba di lokasi debat didampingi istri Nur Asia Uno, Minggu (17/3). Sandiaga mengenakan setelan jas dengan dasi berwarna merah.

    Sebelum masuk ke lokasi debat, Sandiaga sempat berbincang dengan wartawan.

    Menghadapi debat ini, Sandi mengatakan tidak akan berlebihan dan tampil biasa. Dia juga mengaku mendapat pesan dari Prabowo Subianto.

    "Pesannya be yourself, tampil apa adanya dan sampaikan solusi dari masyarakat dan rileks," kata Sandi.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Calon wakil presiden Sandiaga Uno tiba di lokasi debat cawapres, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
    Sementara, sejumlah petinggi kedua tim pemenangan dari pasangan calon nomor urut 01 dan 02 telah bersiap-siap di venue utama debat ketiga Pilpres 2019.

    Tampak di lokasi telah hadir Siti Hediati Soeharto, Priyo Budi Santoso, Dahnil Anzar Simanjuntak, dan sejumlah petinggi BPN lain. Mereka tampak kompak mengenakan pakaian berwarna biru yang dibalut dengan rompi seruoa warna jeans.

    Sementara dari TKN hadir sejumlah tokoh agama. Mereka kompak mengenakan sarung, peci dan baju putih. Diketahui massa ini adalah pendukung Ma’ruf Amin.

    Kedua tamu undangan dari kedua paslon yang hadir di venue debat dibagi kedalam dua bagian. Untuk pendukung paslon 01 yang seragam berbaju putih ditempatkan di bagian kanan dari arah panggung, sementara dari paslon 02 yang mengenakan jaket jeans dan baju biru ditempatkan di sisi kiri dari panggung.
  • 17 Mar 19:34

    Ditanya Soal Ayat, Ma'ruf Sebut Mengalir Saja

    Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno telah tiba di Hotel Sultan. Ma'ruf tiba di lokasi debat lebih dulu ketimbang Sandiaga. Calon wakil presiden nomor urut 01 itu tiba di Hotel Sultan, Jakarta sekitar pukul 19.05 WIB Ma'ruf mengenakan baju putih, serban, dan sarung. Dia didampingi istri, Wury Estu Handayani.

    Ma'ruf sempat berbincang dengan wartawan, sebelum masuk ke lokasi debat.

    Dia mengaku mendapatkan masukan dan saran dari Joko Widodo.

    "Beliau memberikan saran-saran supaya tenang, supaya memahami, sehingga ketika persoalan muncul saya sudah tau," katanya.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Ma'ruf Amin bersama istri tiba di Hotel Sultan, Jakarta, tempat debat cawapres berlangsung, Minggu (17/3). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
    Ketika ditanya, apakah akan mengeluarkan ayat-ayat Alquran selama debat, Ma'ruf belum bisa berkomentar.

    "Mengalir saja ktika itu diperlukan. Kalau tidak, tidak perlu muncul," katanya sambil tertawa.

    Sementara itu, sejumlah tamu undangan juga terlihat hadir di lokasi debat seperti Ketua KPU Arief Budiman, Ketua TKN Erick Thohir, anggota BPN Habiburokhman, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
  • 17 Mar 19:29

    Ribuan Aparat Keamanan Amankan Lokasi Debat Cawapres

    Ribuan aparat keamanan dari TNI, Polri, Satpol PP DKI Jakarta diterjunkan mengamankan debat calon wakil presiden (cawapres) di Hotel Sultan, Jakarta.

    Polda Metro Jaya menyatakan lima ribu personel gabungan disiapkan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut tidak ada yang istimewa dalam pengamanan debat kali ini.

    Pengamanan dibagi dalam tiga ring, dari ring terdalam hingga terluar di jalan raya sekitar arena debat Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

    Di ring 1 atau di lokasi debat berlangsung, ditempatkan alat pendeteksi. Setiap pengunjung yang masuk juga diwajibkan menggunakan ID card.
  • 17 Mar 19:27

    Panelis Debat Cawapres

    KPU menunjuk sembilan orang pakar menjadi panelis debat cawapres. Empat di antaranya adalah rektor dari universitas ternama di Indonesia.

    Mereka adalah Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi, Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama, dan Rektor Universitas Syahkuala Samsul Rizal.

    Live Report: Debat Cawapres 2019Budayawan Radhar Panca Dahana jadi salah satu tim panelis debat cawapres. (Foto: Dok. KPU)
    Selain itu ada Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Chairil Effendy, Guru Besar FISIP USU Subhilhar, budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, dan Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma.
  • 17 Mar 19:24

    Format Debat Cawapres

    Format debat cawapres tak jauh berbeda dengan format debat pertama dan kedua. Kali ini debat cawapres terdiri atas enam segmen. Total waktu debat diperkirakan berkisar 90 hingga 94 menit.

    Segmen pertama, yakni penyampaian visi-misi, segmen dua dan tiga pertanyaan dari tim panelis. Pada segmen empat dan lima, Cawapres akan saling bertanya, dan segmen terakhir pernyataan penutup.

    Meski secara keseluruhan format debat tak jauh berbeda, ada perubahan sedikit pada format debat cawapres, terutama pada segmen dua dan tiga yaitu segmen pertanyaan panelis.

    Jika pada dua debat pertama, masing-masing kandidat mendapatkan pertanyaan berbeda, kali ini keduanya harus menjawab pertanyaan yang sama dari panelis.

    KPU juga meniadakan format video pertanyaan yang digunakan di segmen kedua debat capres pada 17 Februari 2019. Seluruh pertanyaan dari tim panelis akan dibacakan oleh moderator debat.
  • 17 Mar 19:23

    Selamat Malam Pembaca CNNIndonesia.com

    Selamat malam pembaca CNNIndonesia.com. Debat ketiga pemilihan presiden (Pilpres) 2019 segera digelar. Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) pukul 20.00 WIB.

    Debat ketiga ini menghadirkan calon wakil presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, tanpa Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Berbeda dengan empat debat lainnya yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

    Debat cawapres di Pilpres 2019 ini mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Moderator debat yang akan memandu jalannya debat, yakni Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com.

Related Articles